kumparan
23 Okt 2018 13:29 WIB

India Undang RI ke Perayaan 10 Tahun Indian Ocean Naval Symposium

Menhan India Nirmala Sitharaman bersama Menhan Indonesia Ryamizard Ryacudu di kementerian pertahanan Indonesia, Selasa (23/10/2018). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Menteri Pertahanan India, Nirmala Sitharaman, mengundang Indonesia ke acara perayaan 10 Tahun Indian Ocean Naval Symposium (IONS). IONS adalah kerja sama keamanan laut antarnegara-negara di kawasan Samudera Hindia.
ADVERTISEMENT
Menurut Nirmala Sitharaman, pada acara IONS nanti akan ada event pelayaran perahu layar dari India ke Oman.
Menhan India Nirmala Sitharaman (lima kiri) bersama Menhan Indonesia Ryamizard Ryacudu (lima kanan) di kementerian pertahanan Indonesia, Selasa (23/10/2018). (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
"Kita meminta partisipasi Indonesia untuk Indian Ocean Naval Symposium yang akan dilaksanakan ke-10 kalinya di India," kata Nirmala Sitharama di Kementerian Pertahanan RI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (23/10).
"Kita sudah meminta Indonesia dapat berpatisipasi juga karena kali ini kita punya event besar (yaitu) tall ship regatta yang akan dilaksanakan di Kochi, India Selatan, ke Muskat di Oman," lanjut dia.
Dijadwalkan perayaan ini juga akan mengundang semua negara yang sudah menjadi bagian dari IONS. Nirmala juga berharap agar kedua negara dapat saling melengkapi dalam penguatan pertahanan masing-masing negara.
"Jadi kita make sure industri ketahanan dua negara dapat bisa saling memahami kekuatan masing-masing dan saling membantu dari situ," harap Nirmala.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, selain membahas soal IONS, pertemuan Nirmala dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu membahas mengenai kesepakatan tentang penguatan pertahanan kedua negara.
“Kita akan bekerja sama masalah di industri pertahanan karena kemampuan India itu cukup bagus masalah industri pertahanannya,” jelas Ryamizard usai pertemuan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan