kumparan
27 Jul 2018 3:23 WIB

Iran Siap Perang dengan Amerika Serikat

Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)
Iran menanggapi serius ancaman dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Iran menyatakan, siap perang dengan AS bila Trump benar-benar merealisasikan ancamannya itu.
ADVERTISEMENT
Komandan Garda Revolusi Iran Jenderal Qassem Soleimani menegaskan seluruh kekuatan militer Iran sudah siap perang dengan Amerika Serikat.
"Kami siap untuk menghadapi Anda," ujar Jenderal Soleimani seperti dikutip dari stripes, Kamis (26/7).
Konflik di Iran. (Foto: Reuters)
Tahun ini Trump menarik AS dari perjanjian yang diteken pada 2015 oleh Iran dan negara-negara Barat. Perjanjian itu berisi kesepakatan pencabutan sanksi dan embargo jika Iran menurunkan kapasita nuklir mereka. Hal ini dinilai merugikan AS.
Trump menyampaikan pernyataan dengan seluruhnya menggunakan huruf kapital melalui akun Twitter pribadinya. Dia menegaskan bahwa AS tidak bisa diancam oleh Iran.
"Untuk Presiden Iran Rouhani: JANGAN, JANGAN PERNAH MENGANCAM AMERIKA SERIKAT LAGI ATAU KALIAN AKAN MENDERITA KONSEKUENSI SEPERTI YANG PERNAH DIDERITA SEDIKIT NEGARA DALAM SEJARAH," tulis Trump.
ADVERTISEMENT
"KAMI BUKAN LAGI NEGARA YANG HANYA DIAM ATAS KATA-KATA GILA KALIAN SOAL KEKERASAN DAN KEMATIAN. BERHATI-HATILAH!" tulis Trump.
Pernyataan ini untuk menanggapi ancaman Presiden Hassan Rouhani terhadap AS yang membatalkan perjanjian nuklir dengan Iran. Rouhani mengancam AS agar tidak macam-macam dengan negaranya, dengan mengatakan: "Perang dengan Iran adalah induk dari semua perang."
Sejak Revolusi Islam 1979, Iran dan AS bersitegang. Hubungan kian buruk setelah Iran mengembangkan program nuklir yang dituding untuk membuat senjata dan mengancam AS serta sekutunya, salah satunya Israel.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan