kumparan
5 Jun 2018 9:33 WIB

Istri Najib Razak Akan Diperiksa Terkait Korupsi 1MDB

Rosmah Mansor, istri Najib Razak. (Foto: AFP/Mohd Rasfan)
Istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor, akan diperiksa oleh Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) terkait dugaan megakorupsi 1MDB.
ADVERTISEMENT
Mengutip dua sumber MACC yang enggan disebut namanya, Reuters memberitakan, Rosmah dipanggil ke kantor MACC pada Selasa (5/6) untuk dimintai keterangan terkait kerja salah satu unit 1MDB, SRC Internasional.
Sebelumnya Najib telah dipanggil bulan lalu terkait dana misterius sebesar USD 10,6 juta yang masuk ke rekening pribadinya. Dana tersebut, diduga adalah sedikit dari miliaran dolar AS yang digelapkan dari 1MDB.
Menurut penelusuran media, Najib menggunakan cara yang kompleks dengan melibatkan berbagai perusahaan cangkang di berbagai negara dalam korupsi ini. Najib membantah tuduhan tersebut.
Najib dan Rosmah, usai dikalahkan Mahathir Mohamad dalam pemilu bulan lalu, dicekal keluar negeri untuk penyelidikan kasus ini.
Nama Rosmah kembali jadi perhatian setelah polisi melakukan penggeledahan ke berbagai apartemen mewah milik Najib dan keluarganya. Polisi menyita lebih dari 400 tas-tas mewah, perhiasan, dan uang tunai dari berbagai negara senilai 114 juta ringgit.
ADVERTISEMENT
Ketika menjadi ibu negara, Rosmah memang dikenal glamor dan menggemari barang-barang mewah. Namun upaya mengusut muasal barang-barang mewah tersebut menguap ketika Najib berkuasa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan