kumparan
31 Des 2018 9:02 WIB

Jalur ke Puncak Ditutup Pukul 18.00, Warga Diminta Datang Lebih Awal

Lalu-lintas Puncak Bogor mulai padat jelang libur tahun baru 2019. (Foto: Dok. Polres Bogor)
Masyarakat berbondong-bondong pergi ke berbagai destinasi ke dalam maupun luar kota untuk merayakan malam Tahun Baru 2019. Bagi sebagian warga, kawasan Puncak di Bogor, Jawa Barat, nampaknya masih menjadi salah satu primadona lokasi momen pergantian tahun.
ADVERTISEMENT
Namun, masyarakat yang hendak menghabiskan malam tahun baru di kawasan Puncak harus berangkat dari awal untuk menghindari penutupan jalan. Rencananya, jalur menuju Puncak akan mulai ditutup pada Senin (31/12) pukul 18.00 WIB.
"Untuk menghindari kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas di jalur Puncak pada malam Tahun Baru 2019, jalur Puncak akan ditutup pada tanggal 31 Desember 2018 pukul 18.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2019 pukul 06.00 WIB," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama dalam keterangannya, Senin (31/12).
Sementara bagi pengendara yang akan melewati jalur Puncak agar menyesuaikan waktu atau menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kepadatan.
Penutupan jalan berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih, yang dimulai dari Simpang Gadog sampai Puncak Pass. Untuk wilayah Cianjur, penutupan mulai berlaku dari Tugu Guntur sampai Puncak Pass.
ADVERTISEMENT
Hasby mengimbau para pengendara untuk mewaspadai curah hujan yang cukup tinggi dan kabut tebal saat di jalur Puncak.
Perayaan malam tahun baru di Puncak (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)
"Pada malam pergantian tahun baru, jalur Puncak akan sangat padat pengunjung. Agar para pengguna jalan lebih mematuhi peraturan berlalu lintas, tidak parkir di bahu dan badan jalan, Tetap sabar di antrean dan tidak mengambil lajur dari arah berlawanan," tutur Hasby.
Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk berhati-hati karena akan digelar tablig akbar yang bertempat di Masjid At-Tawaaun yang dihadiri oleh ratusan jemaah. Penutupan jalur juga dinilai cukup efektif untuk mencegah kemacetan di kawasan Puncak yang biasa terjadi pada akhir tahun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·