Pencarian populer

Janji Kaisar Naruhito Usai Dilantik: Selalu Bersama Rakyat Jepang

Putra Mahkota Jepang Naruhito (kanan) dan istrinya Putri Mahkota Masako (kiri) menghadiri upacara turun tahta Kaisar Akihito di ruang negara Matsu-no-Ma di Istana Kekaisaran di Tokyo. Foto: STR / Japan Pool / AFP

Putra Mahkota Naruhito resmi dilantik menjadi Kaisar Jepang. Sesaat setelah dilantik, Naruhito berjanji akan selalu berdiri untuk rakyat Jepang.

"Sesuai dengan konstitusi, saya akan selalu memalingkan pikiran saya kepada rakyat dan akan berdiri bersama mereka," sebut Naruhito seperti dikutip dari AFP, Rabu (1/5).

Naruhito memastikan, apa yang sudah dilakukan sang ayah Kaisar Emeritus Akihito terutama soal mendekat kepada rakyat terutama disaat sulit seperti bencana alam, akan terus dilanjutkan.

"Ketika saya memikirkan mengenai tanggung jawab yang mesti saya tanggung, saya akan dipenuhi rasa hormat," kata Naruhito.

Kaisar Jepang Naruhito berjalan di depan Putra Mahkota Akishino ketika ia meninggalkan ritual yang disebut Kenji-to-Shokei-no-gi. Foto: Japan Pool via REUTERS

"Saya berjanji akan mengingat langkah yang telah dijalankan oleh Kaisar pendahulu saya yang telah mengabdikan diri untuk rakyat dan perbaikan," ucapnya.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan pemerintah Jepang siap bahu membahu dengan Kaisar Naruhito yang akan memulai era Reiwa. Pernyataan tersebut disampaikan Abe mengatasnamakan seluruh warga Jepang.

"Kami berkeinginan untuk menciptakan masa depan cerah untuk membuat Jepang yang membanggakan dan dipenuhi perdamaian dan harapan di tengah situasi internasional yang berubah drastis," jelasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53