kumparan
8 Nov 2018 11:14 WIB

Jared Polis, Pria Gay Pertama yang Terpilih Jadi Gubernur di AS

Jared Polis, Gubernur Gay Pertama di Amerika Serikat. (Foto: AFP/JASON CONNOLLY)
Anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Demokrat Jared Polis, memenangkan pemilihan Gubernur di negara bagian Colorado. Polis adalah pria gay pertama yang terpilih jadi gubernur di AS.
ADVERTISEMENT
Anggota kongres senior ini sukses mengalahkan calon Partai Republik Walker Stapleton. Mereka bersaing dalam pilgub yang merupakan bagian dari Pemilihan Paruh Waktu di AS.
Para pendukung Jared Polis, Gubernur Gay Pertama di Amerika Serikat. (Foto: AFP/JASON CONNOLLY)
Nantinya, Polis akan menggantikan sesama kader Partai Demokrat John Hickenlooper yang sudah menjadi Gubernur di Colorado sejak 2011 lalu.
Polis mengaku bahwa dia adalah pria penyuka sesama jenis pada masa kampanye gubernur lalu. Selama menjadi politikus, Polis kerap mengkritisi Presiden Donald Trump, demikian dilansir dari AFP, Kamis (8/11).
Sebelum Polis, terdapat beberapa Gubernur di AS yang juga bagian kelompok LGBT, mereka adalah Gubernur Oregon Kate Brown dan Gubernur New Jersey Jim McGreevey. Namun, kedua orang itu mengungkapkan orientasi seksualnya ketika sedang menjabat.
Polis (43) adalah pria keturunan Yahudi yang juga seorang pengusaha sukses. Dia telah menyatakan akan maju pada pemilihan gubernur sejak berada di bangku kuliah.
Para pendukung Jared Polis, Gubernur Gay Pertama di Amerika Serikat. (Foto: AFP/JASON CONNOLLY)
Pria tersebut sebenarnya bernama asli Jared Schultz. Namun, dia mengubah nama belakangnya menjadi Polis untuk menghormati neneknya.
ADVERTISEMENT
Polis masuk dalam ratusan calon kandidat kelompok LGBT yang bertarung pada pemilu paruh waktu AS. Terdapat empat orang kandidat gubernur dari kelompok LGBT pada pemilu 2018 ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan