• 0

Jelang Debat, Mari Pahami Visi Misi Ganjar vs Sudirman Said

Jelang Debat, Mari Pahami Visi Misi Ganjar vs Sudirman Said


Ganjar-Yasin dan Dirman-Ida di angkringan.

Ganjar-Yasin dan Dirman-Ida di angkringan. (Foto: Humas Ganjar Pranowo)
KPU Jawa Tengah akan menggelar debat terbuka perdana Pilgub Jateng malam ini, yaitu Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah. Sebelum debat, mari paham visi misi kedua pasangan calon.
1. Ganjar Pranowo-Taj Yasin
Pasangan nomor urut 1 ini menyusun visi misi dan programnya secara sederhana, hanya dalam 4 halaman tanpa uraian. Visi Ganjar-Taj Yasin adalah 'Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari: Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi'.
Misi:
1. Menempatkan rakyat (petani, nelayan, pelaku usaha mikro dan kecil serta rakyat pekerja) sebagai subyek dalam proses pengambilan keputusan dan penentuan arah pembangunan serta memperkuat akses rakyat terhadap sumber daya politik, ekonomi, sosial dan budaya.
2. Memperkuat penyelenggara pemerintahan yang bersih, jujur, transparan demi terjaminnya sistem pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat, terciptanya relasi sosial yang aman dan tidak diskriminatif.
3. Menyelenggarakan program-program pembangunan yang menjamin terwujudnya kesejateraan rakyat melalui sinergitas kerja dan gotong royoyng para pemangku kepentingan.
Program:
1. Pendidikan politik dan pemberdayaan masyarakat
2. Reformasi birokrasi
3. Peningkatan kesehteraan masyarakat
4. Peningkatan pembangunan infrastruktur
5. Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan energi
6. Pengembangan kebudayaan
Berikut selengkapnya:
2. Sudirman Said- Ida Fauziyah
Pasangan calon nomor urut 2 ini menuangkan visi misinya lebih kompleks dalam 52 halaman, termasuk uraian. Visi yang dijanjikan adalah Mbangun Jateng Mukti Bareng mencapai kehidupan warga Jawa Tengah yang Adil, Sejahtera, Maju dan Beradab.
Misi:
1. Mewujudkan pemerataan hasil-hasil pembangunan, mengurangi kesenjangan
2. Memperkuat partisipasi warga dalam pembangunan, membangun sebagai gerakan
3. Menjaga keberlanjutan, memelihara keseimbangan lingkungan
9 Program Strategis:
1. Membangun kredibilitas pemerintahan dengan meningkatkan tata kelola, integritas, dan kompetensi SKPD dan seluruh jajaran kepemimpinan
2. Mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya kader-kader pemimpin di tiga sektor; pemerintah, bisnis, dan gerakan masyarakat sipil
3. Membangun pendidikan berbasis karakter, pendidikan keahlian dan vokasi untuk menumbuhkan bakat-bakat terbaik di bidang keterampilan teknis, kepemimpinan, dan kewirausahaan
4. Mendorong pembangunan berbasis partisipasi warga, dengan melibatkan seluas mungkin pemangku kepentingan dalam bidang; usaha, kebudayaan, konservasi lingkungan, dan kepariwisataan
5. Mengejar ketertinggalan pembangunan sumber daya manusia dengan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan termasuk di dalamnya perempuan, anak dan difabel
6. Meningkatkan ketahanan keluarga melalui pemberdayaan perempuan guna menjaga kualitas generasi penerus.
7. Melakukan akselerasi pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), mendorong peran Anggaran Belanja dan
Pendapatan Daerah (APBD) dan melibatkan investasi BUMD dan Swasta.
8. Mempercepat konektivitas antarwilayah dengan infrastruktur transportasi, energi dan teknologi.
9. Memajukan kualitas kehidupan nelayan, petani, industri agro dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Berikut selengkapnya:
Debat akan diselenggarakan malam ini di Hotel Patra Jasa Semarang pada pukul 19.30 WIB-21.00 WIB. Debat digelar sebagai amanat undang-undang agar masyarakat mendapatkan penjelasan mengenai visi, misi, serta rencana program kerja dari masing-masing pasangan cagub.
"Masyarakat bisa mencermati secara seksama informasi yang jelas terkait dengan gagasan, ide, dan rencana kedepan paslon. Dengan itu masyarakat bisa memilih paslon secara rasional," Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo dikutip dari Antara.
Rencananya akan ada tiga kali debat. Setelah malam ini, debat kedua akan digelar pada 3 Mei 2018, dan debat ketiga 21 Juni 2018.
Debat terbuka pertama akan mengambil tema kesejahteraan sosial dengan empat panelis dari berbagai latar belakang, sedangkan tema debat kedua dan ketiga belum ditentukan.
"Tema debat kedua dan ketiga masih akan didiskusikan panelis melihat perkembangan hasil debat yang pertama," pungkasnya.

NewsPolitikSudirman SaidGanjar PranowoPilgub Jateng 2018

presentation
500

Baca Lainnya