Pencarian populer

Jemaah Haji Mulai Berangkat ke Mekkah, Ambil Miqat di Bir Ali

Jemaah Indonesia miqat di Bir Ali. Foto: Dok. Media Center Haji

Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Mekkah dari Madinah pada Minggu (14/7). Di tengah perjalanan, tidak lupa jemaah mampir di Masjid Bir Ali untuk mengambil miqat.

kumparan yang berada di Madinah melaporkan bahwa jemaah pertama yang berangkat ke Mekkah berasal dari embarkasi Surabaya 1 (SUB 1) berjumlah 449 orang, termasuk lima petugas kloter. Mereka berangkat dari hotel Isyraq Al Bustan dekat Masjid Nabawi sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Sebelumnya, mereka telah lebih dulu memakai ihram untuk mempersingkat waktu di tempat miqat, Masjid Bir Ali. Dalam upacara pelepasan, Wakil Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Safaat Ghofur, mengimbau jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan banyak minum air karena suhu panas ekstrem di Saudi.

"Suhunya saat ini sangat ekstrem, bisa di atas 50 derajat, kemarin kami mencoba menaruh tempat masak di atasnya ada telur matang tanpa api," kata Ghofur.

Persiapan jemaah haji Indonesia ke Madinah. Foto: Dok. Media Center Haji

Selain itu Ghofur mengatakan agar jemaah haji saling menjaga satu sama lain. Menurut Ghofur, ibadah haji adalah ibadah komunal, bukan ibadah sendiri, sehingga para jemaah harus menjaga kekompakan.

"Kloter adalah keluarga terdekat saat ini, apapun yang terjadi dengan kita, harus diketahui oleh seluruh kloter," ujar Ghofur.

Persiapan jemaah haji Indonesia ke Madinah. Foto: Dok. Media Center Haji

Usai seremoni pelepasan, jemaah langsung menuju 10 bus yang telah disediakan. Mereka berhenti sejenak di Bir Ali, sekitar 30 menit berkendara dari Masjid Nabawi, untuk mengambil miqat. Di tempat ini, mereka mengucapkan niat umrah dan salat sunnah ihram dua rakaat.

Sekretaris Sektor Bir Ali, Basnang Said, mengatakan proses transit di Bir Ali berjalan lancar tanpa kendala berarti. Namun berdasarkan rencananya, jemaah seharusnya hanya berada sekitar 15 menit di Bir Ali. Tapi kenyataannya, jemaah ada di masjid tersebut selama 30 menit.

Seremoni pelepasan jemaah haji Indonesia ke Madinah. Foto: Dok. Media Center Haji

Menurut Basnang, hal ini dikarenakan jemaah tidak familiar dengan lingkungan Bir Ali sehingga sulit mencari pintu masuknya. "Jemaah yang lebih cepat harus menunggu jemaah yang lain, sehingga membuat terlambat," kata Basnang.

"Jemaah juga kesulitan mencari sandal, karena dia keluar dari pintu masjid yang lain," lanjut Basnang.

Selepas dari Bir Ali, jemaah akan menuju Mekkah dengan waktu hingga enam jam perjalanan. Di Mekkah mereka akan melakukan umrah sebelum akhirnya melakukan prosesi haji yang dimulai dengan wukuf di Arafah.

Setelah embarkasi SUB 1, akan diberangkatkan di hari yang sama kloter 1 dan 2 dari embarkasi Batam atau BTH.

Persiapan jemaah haji Indonesia ke Madinah. Foto: Dok. Media Center Haji
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57