kumparan
23 Apr 2019 0:19 WIB

Jimly: KPU, Bawaslu Mesti Tampil Gagah, Perlihatkan Independensi

Jimly Asshiddiqie Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie merespons soal sikap sejumlah masyarakat yang terkesan tak mempercayai atau mendelegitimasi institusi KPU. Untuk menangkal hal tersebut, ia mengatakan KPU harus tampil lebih baik dalam menyelenggarakan pemilu sampai selesai.
ADVERTISEMENT
Tak cuma KPU, mantan Ketua DKPP itu juga berharap agar Bawaslu juga mengikuti cara yang sama. Hal tersebut untuk menjaga kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu.
"Saya minta dengan hormat, KPU, ketua dan para anggota tampil dengan gagah sekarang ini," kata Jimly di rumah dinas Wapres, Jakarta Pusat, Senin (22/4).
"Begitu juga Bawaslu harus tampil dengan gagah. Gagah itu maksudnya jangan klemar-klemer. Harus gagah dan bayangkan bahwa ini, pemilu serentak ini ada di tangan mereka," tegasnya.
Jimly mengatakan, jika menemui permasalahan, para penyelenggara pemilu harus memperlihatkan bahwa mereka independen. Penyelenggara pemilu juga tidak boleh memihak bahkan terpengaruh salah satu kubu.
Susana silaturahmi Ketum PBNU hingga para tokoh Islam ke Rumah Dinas Jusuf Kalla. Foto: Kevin S. Kurnianto
"Jadi kalau ada masalah dia harus tampil, memperlihatkan bahwa dia independen, memperlihatkan bahwa dia tidak dipengaruhi oleh kubu yang mana pun, memperlihatkan dia bekerja profesional, independen, dan melayani dengan adil. KPU harus tampil begitu, Bawaslu juga harus tampil begitu, DKPP pun demikian, harus mengawasi dua-duanya," kata Jimly.
ADVERTISEMENT
Jimly menyebut, saat ini seluruh pihak baik para timses termasuk masyarakat, harus berperan meredakan ketegangan usai pelaksanaan Pemilu 2019.
"Sekarang saatnya kita meredakan ketegangan. Jangan lagi menambah riuh rendah ruang publik dengan jawab menjawab persepsi publik," ujar Jimly.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan