Pencarian populer
Politik

JK Harap Ahok Tak Jadi Timses Jokowi: Bahaya, Bisa Kurangi Suara

Jusuf Kalla Foto: Kevin Kurnianto/kumparan

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) baru saja bebas dari penjara. Selang beberapa waktu kemudian, ia memutuskan untuk bergabung ke Partai PDI Perjuangan. Namun bergabungnya Ahok ke PDIP tidak serta merta membuat ia masuk ke TKN Jokowi-Ma'ruf.

Wakil Presiden, yang juga menjabat Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf, Jusuf Kalla, menyarankan agar Ahok tidak masuk jadi timses Jokowi-Ma'ruf. Sebab, dikhawatirkan Ahok justru berdampak buruk bagi suara Jokowi.

"Kalau saya ditanya sebagai Ketua Dewan Pengarah, jangan. Alasannya seperti tadi bahwa bisa berakibat lagi orang mengingat ini Pak Jokowi didukung orang yang penista agama, kan bahaya itu, bisa mengurangi suara lagi," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Ahok melakukan blusukan ke Pulo Gadung Foto: Johanes Hutabarat/kumparan

JK mengatakan memang bergabungnya Ahok ke kubu Jokowi bisa saja menambah perolehan suara Jokowi yang berasal dari pendukung Ahok. Namun, ia tak menampik Jokowi akan kehilangan suara dari orang-orang yang dulu tak mendukung Ahok.

"Tentu ada yang menambah (suara), ada yang tergerus. Bagi Ahoker tentu mungkin menambah, tapi bagi yang konsisten dengan apa yang terjadi kepada Ahok tentu tidak mau milih (Jokowi). Lebih baik situasi seperti inilah, tenang tenanglah (saja) Pak Ahok (terlebih dulu), jadi ya jalan-jalan dulu, atau apa," ujar JK.

Sebelumnya, Ahok resmi bergabung menjadi anggota PDIP sejak 26 Januari lalu. Ketua TKN Erick Thohir menyebut belum ada rencana merekrut Ahok sebagai timses Jokowi.

“Tergantung, nanti kan kita lihat. Masing-masing partai jurkam itu kan ada jurkam dan jubir. Sampai hari ini belum terdaftar, dan tentu partai-partai punya pilihan tersendiri,” kata Erick Thohir, di rumah aspirasi 01, di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, pada Sabtu (9/2).

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: