Pencarian populer

JK: KPU Tetap Netral, Belum Ada Tanda-tanda Berpihak

Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan

Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan KPU akan tetap netral dan tidak berpihak ke salah satu kubu jelang Pemilu 2019. JK mengatakan, selama ini KPU cukup tegas dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul di kalangan tim pendukung calon yang akan maju di pilpres maupun pileg.

"Soal itu, saya yakin KPU tetap netral. Belum ada tanda-tanda saya lihat bahwa dia berpihak satu sama lain. Selama ini justru KPU juga sangat tegas menghadapi masalah-masalah itu," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

JK mengatakan bahwa apabila ditemukan adanya indikasi tidak netralnya KPU, publik bisa membawa permasalahan ini ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) maupun Bawaslu. Hal itu bisa disampaikan selama pihak tersebut yakin jika KPU bekerja tidak netral dan memiliki bukti.

"Bahwa kemudian ada yang menuduh, itu ya kalau memang dia bisa dibuktikan tidak netral, dikemukakan ke Bawaslu atau badan kehormatan (DKPP) saja," jelas JK.

Ilustrasi kotak suara Pemilu 2019. Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

JK optimistis masyarakat di Indonesia masih percaya terhadap kinerja KPU. Hal itu bisa dibuktikan dengan keikutsertaan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Ya masyarakat saya yakin dia akan percaya KPU. Kalau dia tidak percaya KPU dia tidak akan ke TPS," jelasnya.

Sebelumnya Komisioner KPU Wahyu Setiawan merespons ancaman Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso yang akan mundur bila ada kecurangan di Pilpres 2019. Menurutnya KPU telah bertindak sesuai aturan dalam menyelenggarakan pemilu.

Wahyu heran jika masih ada saja pihak yang masih meragukan netralitas KPU. Ia menegaskan KPU sama sekali tidak tunduk ke kubu Jokowi maupun Prabowo.

"Loh kami netral. Coba kami tidak netral dalam hal apa? Sebutkan satu saja, kami tidak netral dalam hal apa," tutur Wahyu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60