Pencarian populer

JK Minta Insinyur Lokal Lebih Dilibatkan dalam Proyek Infrastruktur

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) bertolak ke Padang Buka Kongres PII XXI. (Foto: Dok. Setwapres)

Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ke-21 di Padang, Sumatera Barat. Dalam pemaparannya, JK ingin agar insyinyur lokal memiliki banyak kesempatan dalam membangun berbagai proyek infrastruktur di Indonesia. Sehingga tidak lagi bergantung kepada pihak asing.

"Selama puluhan tahun, banyak bandara yang dibangun insinyur asing. Dan kali ini insinyur lokal harus diberi kesempatan karena sudah mampu," kata JK di lokasi, Kamis (6/12), dilansir Antara.

JK memuji banyak pembangunan infrastruktur di Indonesia yang dilakukan oleh insinyur lokal yang hasilnya memuaskan. Menurut JK, untuk menjadi negara maju perlu ada semangat dan paksaan, serta bekerja sama dengan profesi lain, misalnya dengan ekonom.

"Karena tanpa sumber daya manusia yang kuat, maka kita juga tidak bisa jadi bangsa kuat. Ini yang perlu kita perhatikan," ujarnya.

JK menyebut banyak insinyur Indonesia yang berprestasi dan proyeknya dipakai di kancah internasional. Menurutnya, hasil karya insinyur Indonesia juga banyak digunakan oleh negara lain.

"Contohnya gardabarata yang digunakan sebagai jembatan penumpang pesawat di bandara buatan insinyur Indonesia, sudah banyak diekspor," ungkapnya.

Hadir dalam acara itu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Ketua Umum PII Hermanto Dardak, serta ratusan insinyur dari seluruh provinsi di Indonesia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: