kumparan
19 Feb 2019 16:48 WIB

JK: Perusahaan Unicorn Justru Datangkan Modal Asing ke Dalam Negeri

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) bersama Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi (kiri) menyaksikan siaran langsung Debat Kedua Pilpres 2019 di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Wakil Presiden Jusuf Kalla merespons pernyataan capres nomor urut 01 Prabowo Subianto yang khawatir perusahaan unicorn membuat uang dari dalam negeri lari ke luar negeri. JK yang juga Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf itu justru menyebut perusahaan unicorn justru mendatangkan modal asing ke dalam negeri.
ADVERTISEMENT
"Justru terbalik, (perusahaan) unicorn dalam praktik mendatangkan modal asing. Memang nanti akibat dari itu kalau ada keuntungannya tentu dibagi juga berapa (dari) modal asing itu. Itu bisnis biasa, tapi intinya unicorn memasukkan modal asing ke dalam negeri dan itu yang kita memang minta," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (19/2).
Istilah unicorn biasa diberikan kepada perusahaan rintisan (startup) dengan valuasi di atas USD 1 miliar.
Meski unicorn mendatangkan modal asing ke dalam negeri, JK tak menampik perusahaan asing yang menanam modal di Indonesia mendapat dividen (keuntungan) dari modal yang ditanamkan.
"Jadi bukan keluar, terbalik itu, justru masuk. Seperti GOJEK, kan investornya macam-macam dari luar, ada Softbank ada ini, Bukalapak (juga) ada dari Alibaba, macam-macam. Jadi justru uang masuk ke dalam negeri," kata JK.
ADVERTISEMENT
"Memang konsekuensinya setiap (perusahaan) asing yang masuk (memberi modal) juga dividennya (ke luar, tapi) modalnya tetap ada di sini," tegas JK.
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan pendapatnya saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Foto: ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Unicorn Buka Lapangan Kerja
JK mengatakan, perusahaan unicorn di Indonesia berhasil memberikan banyak lapangan kerja terhadap masyarakat. Ia menegaskan semakin banyak unicorn tumbuh di Indonesia berpotensi besar mendatangkan modal asing untuk masuk.
"Memberikan pekerjaan berapa? Pekerjaan yang digerakkan unicorn itu kan ratusan ribu, jutaan itu hal positif. Sekali lagi (unicorn) itu justru mendatangkan modal asing, kapan ada modalnya GOJEK keluar? Tidak ada kan?" kata JK.
"Uang masuk memberikan lapangan kerja. Kalau tidak ada uang masuk itu bagaimana ratusan ribu yang kerja di unicorn berjalan?" ujarnya.
Sebelumnya, Prabowo menyebut bahwa dengan kemunculan beberapa unicorn itu bisa mempercepat dana di Indonesia lari ke luar negeri.
ADVERTISEMENT
"Kalau ada unicorn-unicorn ini saya khawatir ini akan mempercepat uang-uang kita mengalir ke luar negeri. Silakan Anda ketawa, menteri Bapak sendiri bilang ada 11 ribu triliun uang bangsa di luar negeri," kata Prabowo saat debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan