Pencarian populer

Joko Widodo: Kabinet 55 Persen Profesional, 45 Persen dari Parpol

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke kantor pusat PLN, Senin (5/8). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Presiden Joko Widodo mulai membuka sedikit demi sedikit teka-teki soal susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf 5 tahun mendatang. Kali ini, Jokowi menyebut kabinet akan diisi mayoritas dari profesional sebanyak 55 persen.
ADVERTISEMENT
"Kabinet mendatang 55 persen orang profesional dan 45 persen dari parpol," ucap Jokowi saat bertemu para pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka, Rabu (14/8). Pertemuan digelar sambil makan siang bersama.
Jokowi memastikan jumlah menteri atau kementerian tetap seperti sekarang ada 34 kementerian, meski akan ada satu kementerian baru bidang investasi.
"Kabinet sudah final," tegasnya.
Saat ditanya, apakah ada menteri-menteri saat ini yang dipertahankan, Joko Widodo tak menampik. Hanya saja persentasenya berapa dan siapa, Jokowi tidak mau menyebutkan.
"Pengumuman kabinet bisa dilakukan sebelum masa jabatan habis. Tapi sedang saya pikirkan," lanjut mantan Gubernur DKI itu.
Pertemuan para pemred dengan Jokowi lebih banyak membahas mengenai kabinet mendatang dan hal-hal penting yang dilakukan Jokowi lima tahun yang akan datang.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, sebagian besar pembicaraan Joko Widodo dalam pertemuan ini tidak bisa diberitakan alias off the record.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86