kumparan
24 Mar 2019 10:18 WIB

Jokowi: Jangan Buang Sampah di MRT dan Kalau Mau Naik, Antre

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar (tengah) bersiap meresmikan MRT Jakarta fase I di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan Moda Raya Terpadu (MRT) Fase I Bundaran HI-Lebak Bulus, Minggu, (24/3). Dalam sambutannya, Jokowi mengajak warga untuk menjaga kebersihan, baik di dalam MRT maupun stasiun.
ADVERTISEMENT
Uji coba MRT selama 13 hari pada 12-24 Maret lalu sempat menyedot perhatian publik. Pasalnya, terdapat sejumlah pengunjung yang duduk di lantai stasiun maupun di dalam MRT seraya menyantap makanan. Tak hanya itu, beberapa sudut stasiun juga tampak dipenuhi sampah.
Loading Instagram...
“Yang pertama, jangan buang sampah sembarangan di MRT kita, di stasiun MRT kita. Jaga agar MRT dan stasiun tidak kotor, sanggup?” ucap Jokowi.
Jokowi lalu meminta agar warga yang ingin menggunakan MRT untuk membiasakan budaya antre dan tidak saling berdesak-desakan. "Jangan sampai pintunya mau tutup baru mau masuk, kejepit nanti,” tambahnya.
Presiden Joko Widodo di Bundaran HI saat peresmian MRT fase 1. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Selain meresmikan Fase I, Jokowi sekaligus groundbreaking pembangunan MRT Fase II Bundaran HI-Kota Tua. Pada Fase II nanti, mantan Gubernur DKI itu juga mengaku telah memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membangun rute Timur dan Barat.
ADVERTISEMENT
“MRT kita nantinya betul-betul bisa kita pakai mutar-mutar Jakarta, ini baru fase pertama, nanti kita canangkan lagi fase kedua, masuk utara. Saya sudah perintahkan kepada Gubernur rute Timur, Barat. Setuju, ndak? Yang setuju, tunjuk jari,” tutur Jokowi.
Hingga akhir Maret 2019, masyarakat masih bisa menikmati MRT secara cuma-cuma. Pengoperasian MRT secara komersil baru dilaksanakan pada 1 April 2019. Adapun tarif yang diusulkan adalah Rp 10 ribu setelah disubsidi.
Presiden Joko Widodo bersama para artis di Bundaran HI saat peresmian MRT fase 1. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Sejumlah tokoh pun turut hadir dalam peresmian ini. Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi. Sederet aktor dan aktris seperti Nirina Zubir, Lukman Sardi, hingga Reza Rahardian juga turut meramaikan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan