• 1

Jokowi ke Para Diplomat: Kita Ini Negara Besar, Jangan Merasa Inferior

Jokowi ke Para Diplomat: Kita Ini Negara Besar, Jangan Merasa Inferior


Jokowi Mampir ke Kantin Diplomasi Kemlu

Jokowi Mampir ke Kantin Diplomasi Kemlu (Foto: Dok. Kemlu)
Saat memberikan sambutan di Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI di seluruh dunia, Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia adalah negara besar. Untuk itu, para diplomat jangan merasa rendah diri dengan diplomat asing lainnya.
"Yang perlu saya ingatkan, kita ini sudah masuk negara di G20. Artinya kita ini sudah masuk golongan negara besar. Jangan lagi ada yang merasa inferior, merasa kita ini rendah," kata Jokowi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (12/2).
Jokowi menegaskan sebagai negara besar, bukan lagi waktunya Indonesia meminta bantuan negara lain. Tetapi saatnya Indonesia membantu negara yang membutuhkan.
"Memerlukan bantuan-bantuan, ndak saya bilang. Kalau perlu kita bantu negara-negara yang memerlukan bantuan. Kita bantu, kita datang. Kemarin negara-negara di Pasifik kita bantu. Jangan merasa negara kecil. Harus merasa negara gede," tuturnya.

Negara gede kita ini. Jadi sekali lagi, untuk menunjukkan itu kita harus merasa besar. Kok masih merasa kecil.

- Presiden Jokowi

"Ekonomi kita juga pertumbuhannya juga baik. Mungkin juga di G20 nomor tiga atau nomor empat. PDB (Produk Domestik Bruto), GDP (Gross Domestic Product) kita juga besar," lanjut dia.
Jokowi menyampaikan terkadang diplomat Indonesia tidak merasa kalau negara ini sudah menjadi bagian G20. Apalagi satu-satunya negara di ASEAN yang masuk G20 hanya Indonesia.

NewsPolitikJoko WidodoKemlu

presentation
500

Baca Lainnya