kumparan
15 Apr 2019 11:43 WIB

Jokowi Masuk ke Dalam Ka'bah, Apa Isinya?

Suasana bangunan kakbah di Masjidil Haram dari atas Foto: AP Photo/Dar Yasin
Presiden Jokowi masuk ke dalam Ka'bah saat umrah di Tanah Suci. Ibadah tersebut dilaksanakan Jokowi kala berada di dalam masa tenang Pemilu 2019.
ADVERTISEMENT
Tentu tidak semua orang bisa bebas masuk ke dalam Ka'bah. Hanya tamu kehormatan saja yang diizinkan masuk. Selain Jokowi, orang yang pernah masuk ke dalam Kakbah adalah Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta Presiden ke-2 Soeharto.
Presiden Jokowi masuk ke dalam Kakbah. Foto: twitter/ @pramonoanung
Lalu apa saja isi Ka'bah yang bisa disaksikan Jokowi?
Berdasarkan potret sisi dalam Ka'bah yang pernah diabadikan Al-Arabiya.net, ada tiga tiang kayu yang menopang langit-langit Ka'bah. Kayu tersebut dipasang oleh salah seorang sahabat nabi Muhammad yang bernama Abdullah bin Zubair.
Di depan pintu Ka'bah, ada lemari yang di atasnya terdapat alat untuk pengasapan kayu gaharu. Kayu gaharu sendiri biasa dugunakan untuk mengharumkan ruangan Ka’bah.
Tidak hanya itu, ada pula delapan batu yang dihiasi dengan kaligrafi Arab. Kata-kata di batu terbuat dari marmer berwarna-warni.
ADVERTISEMENT
Di sisi kanan Ka'bah, terdapat sebuah pintu bernama pintu taubat. Di pintu itu, ada tirai sutra yang indah dengan ukiran emas dan perak. Di dalam pintu tersebut terdapat tangga menuju ke atap Ka’bah.
Lantai Ka'bah sendiri menggunakan marmer berwarna putih. Sementara dindingnya, terbuat dari marmer berwana-warni dan berukir. Secara garis besar, interior Ka'bah ditutupi dengan tirai sutra merah yang memiliki teks bersulam putih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan