kumparan
29 Mar 2019 13:21 WIB

Jokowi Minta Masyarakat Tak Golput: Pemilu Habiskan Dana Triliunan

Calon Presiden petahana Nomor Urut 01 Joko Widodo menghadiri Konsolidasi H-30 Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Penyelenggaraan Pemilu 2019 dikhawatirkan dengan pemilih yang tak menggunakan hak suaranya (golput) pada 17 April mendatang, yang telah ditetapkan sebagai hari libur bersama. Terlebih, di saat yang hampir bersamaan, dua hari setelah pencoblosan merupakan hari Jumat Agung, yang dilanjutkan libur Paskah di hari Minggu.
ADVERTISEMENT
Capres 01 Jokowi mengingatkan jangan sampai ada yang golput pada 17 April nanti. Karena masyarakatlah yang menjadi penentu bangsa Indonesia ke depannya.
"Jangan sampai biarkan satu orang pun golput, karena pemilu ini, pilpres ini, menghabiskan dana triliunan. Sangat rugi besar kita kalau tidak gunakan hak pilih kita karena (kita) yang menentukan arah negara ini ke depan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (29/3).
Jokowi tak mempermasalahkan jika orang-orang banyak yang ingin mengambil liburan karena long weekend, tetapi diingatkan untuk nyoblos terlebih dahulu di pagi harinya.
Ilustrasi pemungutan suara di TPS Foto: Anggi Dwiky/kumparan
"Jadi saya ajak sekali lagi, jangan ada yang berlibur. Atau mau berlibur, silakan nyoblos dulu. Trus jam 10, jam 8 nyoblos blos, jam 11 blos, terus langsung terbang liburan silakan. Tapi jangan sampai ada yang golput, jangan sampai ada yang tidak mencoblos di hari Rabu 17 April 2019," ucap dia.
ADVERTISEMENT
Lembaga Center for Strategic and International Studies (CSIS) mengungkapkan ada 7 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) atau sekitar 13 juta orang yang berencana pergi liburan pada saat hari H pencoblosan. Sebab, hari pelaksanaan pemilu 17 April bersamaan dengan mendekati libur panjang.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga terus menyosialisasikan agar pemilih menggunakan hak pilihnya. Untuk Pemilu 2019, KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen.
-----
kumparan akan menayangkan live streaming debat keempat Pilpres 2019 pada Sabtu (30/3). Live streaming debat dapat disaksikan di semua platform kumparan atau melalui channel Youtube kumparan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan