Pencarian populer

Jokowi Panggil 2 Pedagang yang Dijarah saat Kericuhan 22 Mei

Ismail dan Abdul, dua pedagang yang menjadi korban kerusuhan 21-23 Mei temui Presiden Jokowi. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan

Dua pedagang yakni Abdul (62) dan Ismail (68) menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Kedatangannya untuk melaporkan bahwa lapak dagangannya rusak dan dijarah perusuh.

"Jadi dari media-media itu dan Pak Presiden itu tahu. Mereka tahu mereka panggil kita ke sini, baru sekali ini dijarah seperti ini," kata Abdul usai pertemuan dengan Jokowi, Jumat (24/5).

Abdul menceritakan rasa kagetnya ketika mendapati lapak dagangannya yang berada di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, dirusak dan dijarah para perusuh. Meski telah diusir aparat kepolisian, namun massa melarikan diri sambil membawa barang jarahan dari dalam lapak milik Abdul.

Puing-puing kaca jendela Pos Polisi Sarinah yang rusak, pascakerusuhan, Jakarta, Kamis (23/5). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

"Pas malam massa diusir sama aparat mereka sambil lari menjarah gitu. Pecah-pecahin warung pedagang kaki lima yang jual rokok, minuman. Dua pedagang lain jual Indomie, yang satu jual rokok juga (ikut dijarah)," kenang Abdul.

Sementara itu Ismail yang ikut dalam pertemuan dengan Jokowi juga menceritakan hal serupa. Warkop milik Ismail yang berada di samping Pos Polisi Sabang dijarah dan dibakar oleh sekelompok orang.

"Kalau saya yang hilang makanan, Indomie, kopi, telur. Kan namanya dagang di samping pos jadi ikut dibakar. Yang sebagian (massa) ada yang bilang enggak boleh dibakar, tapi ada lagi satu orang datang bilang udah bakar saja," cerita Ismail.

Atas peristiwa tersebut keduanya merugi hingga Rp 50 juta. Abdul diperkirakan mengalami kerugian Rp 30 juta, sementara Ismail merugi hingga Rp 20 juta.

Dua orang pedagang yang menjadi korban kerusuhan 21-23 Mei temui Presiden Jokowi. Foto: Kevin Kurnianto/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33