kumparan
17 Agu 2018 10:03 WIB

Jokowi Pilih Pakai Baju Adat Aceh di HUT ke-73 RI

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Aceh bersama Gibran dan Jan Ethes di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/18). (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Presiden Joko Widodo kembali mengenakan baju adat saat upacara HUT ke-73 RI. Kali ini, Jokowi memilih mengenakan baju adat Aceh.
ADVERTISEMENT
Pakaian adat ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada perayaan HUT ke-72 RI mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.
Menurut Jokowi, kekayaan budaya Indonesia harus ditonjolkan dengan menggunakan berbagai macam baju adat Nusantara. Hal itu disampaikan Jokowi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/8).
"Negara kita kan ada dan tradisinya banyak sekali, pakaian adat ada ratusan bahkan mungkin ribuan mungkin jadi banyak pilihan dan yang kita pilih ini (baju adat Aceh)," kata Jokowi.
"(Ini) dijahit, dijahit sendiri," lanjut dia.
Selain Jokowi, Paspampres juga mengenakan baju adat Nusantara termasuk para tamu undangan. Selain itu Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Tri Suswati Karnavian mengenakan baju adat dari Dayak, Kalimantan Barat.
ADVERTISEMENT
Lalu Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Nora Tristyana juga memakai baju adat dari Palembang, Sumatera Selatan. Sedangkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengenakan baju adat Papua.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan