kumparan
5 Jun 2018 20:55 WIB

Jokowi: Rakyat Gembira TNI-Polri Solid Lindungi Negara dari Terorisme

Presiden Jokowi (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melontarkan pujian kepada TNI-Polri saat hadir di acara buka puasa bersama di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Menurut Jokowi, anggota TNI-Polri telah berhasil melindungi rakyat dan bangsa dari serangan terorisme.
ADVERTISEMENT
"Sebelum memasuki bulan puasa tahun ini, bangsa kita, negara kita mengalami rangkaian aksi terorisme baik yang ada di Surabaya, Sidoardjo, dan tempat lainnya. Aksi terorisme yang menelan jiwa masyarakat, menelan jiwa aparat-aparat kita," kata Jokowi di lokasi, Selasa (5/6).
"Rakyat merasa gembira TNI-Polri solid berbagi pemikiran, tenaga, keringat, untuk satu tujuan melindungi segenap masyarakat Indonesia, segenap tumpah darah Indonesia," lanjut dia.
Jokowi berharap agar anggota TNI-Polri tetap solid dalam menjaga keamanan negara. Jokowi lantas mencontohkan kekompakan yang selalu diperlihatkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
"Kita menjadi tenang semuanya kalau TNI-Polri solid. Bahkan tadi memberikan sambutan saja Panglima TNI dan Kapolri bersama-sama berdua. Ini menunjukkan kesolidan TNI-Polri," ucap Jokowi.
Polisi berbaris (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
ADVERTISEMENT
Ditemui usai acara buka puasa bersama, Jokowi menegaskan sudah sewajarnya aparat negara beriringan dan saling mengisi satu sama lain.
"Memang sudah seharusnya seperti itu, jangan ditanyakan lagi," tegasnya.
Ilustrasi anggota TNI AD (Foto: ANTARA FOTO/Rahmad)
Jokowi sendiri akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk mengatur operasional Komando Operasi Pasukan Gabungan Khusus (Koopssusgab) TNI. Diharapkan melalui Kopssusgab TNI dapat membantu Polri dalam mengatasi terorisme di Indonesia.
Hal ini mengacu pada Undang-undang Antiterorisme yang baru saja disahkan oleh DPR. Melalui undang-undang tersebut, maka TNI akan dilibatkan dalam mengatasi terorisme.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan