kumparan
21 Agu 2018 16:06 WIB

Jokowi: Saya Ikuti Setiap Menit Penanganan Dampak Gempa Lombok

Jokowi dan TGB Bagikan Buku ke Korban Bencana Gempa Lombok (Foto: Humas NTB)
Di tengah perhelatan Asian Games, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk memberikan tanggapannya terkait gempa susulan di Lombok pada 19 Agustus lalu. Jokowi berujar bahwa dirinya selalu mengikuti perkembangan gempa bumi di Lombok setiap menitnya.
ADVERTISEMENT
"Saya mengikuti setiap menit perkembangan dan penanganan dampak gempa bumi di Lombok. Informasi soal gempa bumi yang untuk kesekian kalinya mengguncang daerah itu juga sudah saya terima," tulis Jokowi lewat akun Instagramnya, Selasa (21/8).
Loading Instagram...
Jokowi mengatakan, hal yang paling penting dilakukan saat ini adalah penanganan langsung di lapangan oleh pemerintah baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Sehingga, seluruh bantuan dapat tersalurkan kepada masyarakat yang terdampak.
"Yang paling penting saat ini adalah penanganan langsung di lapangan dan dukungan dari pemerintah pusat secara total kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan tentu saja kepada masyarakat."
Saat ini, Wapres Jusuf Kalla telah tiba di TKP untuk meninjau dan berkoordinasi dengan pemda setempat untuk membahas soal rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Jokowi memastikan tak menutup mata dengan kondisi di Lombok. Bahkan, Jokowi terhitung sudah dua kali ke Lombok untuk memimpin langsung jalannya penanganan pasca bencana bagi para korban sejak gempa pertama. Ia berencana mengunjungi Lombok kembali dalam waktu dekat.
"Saya sendiri sudah dua kali ke Lombok untuk memimpin langsung jalannya penanganan bagi para korban. Dalam waktu dekat saya juga masih akan datang berkunjung," tulis Jokowi.
Saat ini, pemerintah sedang menyusun Instruksi Presiden tentang penanganan bencana lombok selanjutnya. Diharapkan, kebijakan itu bisa menjadi jalan keluar terhadap penanganan gempa Lombok.
"Sementara di Jakarta, pemerintah tengah menyusun Instruksi Presiden tentang penanganan bencana Lombok," tutup Jokowi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·