Pencarian populer

Jokowi soal Baiq Nuril: Kalau Sudah di Meja, Saya Selesaikan Cepat

Jokowi di acara buka bersama di DPD Golkar. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Kementerian Hukum dan HAM sedang merumuskan dasar hukum untuk rekomendasi amnesti Baiq Nuril kepada Presiden Joko Widodo. Merespons hal itu, Jokowi menyebut hingga saat ini belum menerima rekomendasi dimaksud.

"Belum sampai meja saya," ucap Jokowi usai Peresmian Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 di JCC, Jakarta, Jumat (12/7).

Jokowi memastikan akan menindaklanjuti rekomendasi amnesti dari Kemenkumham itu jika sudah diterima berkasnya.

"Kalau nanti sudah masuk ke meja saya ada rekomendasi-rekomendasi dari kementerian terkait, saya putuskan secepatnya. Akan saya selesaikan secepatnya," tegasnya.

Sebelumnya, Menkumham Yasonna Laoly menerima Baiq Nuril di kantornya pada Senin (8/7), setelah Mahkamah Agung menolak pengajuan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Baiq Nuril

Dalam pertemuan itu, Yasonna menjanjikan akan menyusun rekomendasi bagi Jokowi untuk memberikan amnesti kepada korban pelecehan seksual yang jadi terdakwa pelanggaran Undang-Undang Elektronik dan Transaksi Ekonomi (UU ITE) itu.

"Kami akan menyusun pendapat hukum kepada Bapak presiden tentang hal ini, bahwa kemungkinan yang paling tepat adalah amnesti. Tetapi untuk meyakinkan ini, nanti malam supaya saya merasa didukung oleh pakar pakar yang baik nanti malam ada FGD dari pakar hukum," kata Menkum HAM Yasonna H Laoly di Kemenkumham, Senin (8/7).

"Mensesneg dan Pak Presiden sudah memberikan perhatian yang serius. Tentu nanti Pak Presiden meminta melalui Mensesneg meminta pertimbangan hukum ke DPR Komisi III. Saya mendapat informasi juga teman-teman DPR mendukung hal ini."

- Yasonna Laoly

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.54