kumparan
13 Feb 2019 15:13 WIB

Jokowi Terima 11 Dubes Baru Negara Sahabat, Termasuk Arab Saudi

Presiden Jokowi terima 11 Surat Tugas dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Istana Merdeka, Rabu (13/2). Foto: Fachrian Saleh/kumparan
Presiden Joko Widodo menerima 11 Duta Besar baru negara-negara sahabat. Di antara mereka ada Duta Besar Arab Saudi yang baru, menggantikan dubes sebelumnya yang memicu kisruh akibat cuitannya di Twitter.
ADVERTISEMENT
Penerimaan surat kepercayaan atau kredensial dari para dubes ini digelar di Istana Merdeka yang dimulai pukul 13.50 WIB. Tampak sejumlah menteri turut hadir, di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hingga Mensesneg Pratikno.
Sebelum penerimaan surat tugas dilakukan, upacara penyambutan juga digelar di depan Istana Merdeka. Upacara dipimpin langsung oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yamg membawa bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan sebelas negara sahabat secara bergantian.
Para dubes baru ini berasal dari negara Eropa, Timur Tengah, hingga Eropa. Salah satunya adalah Dubes Arab Saudi yang baru, Esam A. Abid Althagafi, yang sebelumnya pernah bertugas sebagai Dubes di Oslo, Norwegia.
Presiden Jokowi terima 11 Surat Tugas dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Istana Merdeka, Rabu (13/2). Foto: Fachrian Saleh/kumparan
Althagafi akan menggantikan Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuhaibi, yang habis masa jabatannya pada Desember tahun lalu. sebelumnya Osama memicu ketegangan dengan Nahdlatul Ulama (NU) akibat cuitannya.
ADVERTISEMENT
Dalam tweetnya, Osama mengatakan aksi Reuni 212 adalah reaksi atas pembakaran bendera Tauhid oleh "organisasi sesat". Padahal tidak demikian adanya. Cuitan Osama secara tidak langsung menyinggung GP Ansor, organisasi pemuda NU, yang seorang anggotanya membakar bendera bertuliskan kalimat Tauhid di Garut, Oktober lalu.
Walau Osama yang tengah berada di negaranya kemudian mengubah twitnya dan belakangan meminta maaf melalui rekaman suara, namun NU kadung marah besar, menyebutnya penghinaan dan telah mencampuri urusan dalam negeri Indonesia.
Seruan agar Saudi mengganti duta besarnya lantas ramai terdengar. Saudi memang kemudian mengganti duta besar mereka, namun dengan alasan masa tugasnya telah berakhir.
Termasuk Althagafi, berikut daftar 11 duta besar negara sahabat yang diterima Jokowi:
ADVERTISEMENT
1. Chile, Mr Gustavo Ayares Ossandon
2. Tunisia, Mr Riadh Dridi
3. Slowakia, Mr Jaroslav Chlebo
4. Suriname, Mr Abas Benz Kono
5. Guiena Bissau, Mr Carlos Antonio Moreno
6. Kolombia, Mr Juan Camilo Valencia Gonzales
7. Arab Saudi, Mr Esam A. Abid Althagafi
8. Venezuela, Mr Radames Jesus Gomez Azuaje
9. Slovenia (berkedudukan di Canberra), Mr Jurij Rifeij
10. Kongo (berkedudukan di Tokyo), Mr Felix Ngoma
11. Lithuania (berkedudukan di Tokyo), Mr Gediminas Varvuolis
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan