Pencarian populer

Kadis SDA DKI yang Baru Fokus soal Waduk hingga Naturalisasi Sungai

Kepala Dinas SDA Juaini setelah dilantik Gubernur DKI Anies Baswedan. Foto: Paulina Herasmarinandar/kumparan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Juaini sebagai kepala Dinas Sumber Daya Air yang baru. Pejabat baru di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta itu menyatakan punya beberapa fokus pekerjaan yang ingin diselesaikan.
ADVERTISEMENT
Fokus pertama yang disebutkan Junaini adalah masalah penanggulangan banjir. Dia ingin mengeruk waduk dan menguatkan sumber daya manusia petugas penjaga pompa air di Jakarta.
"Insyaallah kalau waduk-waduk kemarin belum diselesaikan kita akan lanjutkan sesuai dengan yang Gubernur inginkan seperti di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah)," ucap Juaini di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/7).
"Waduk terus penguatan SDM. Yang jaga pompa itu penguatan soalnya yang utama kalau SDM enggak kuat nanti banjir-banjir juga," lanjutnya.
Juaini juga berencana menjalankan program naturalisasi yang digagas Anies. Bukan hanya daerah aliran sungai yang ingin dinaturalisasi, waduk pun diharap bisa masuk dalam bagian program itu.
"Mungkin selama ini waduk-waduk itu dinaturalisasi sekitar waduk. Kita akan bikin tempat berinteraksi dengan masyarakat, kita gabung ada kerjaan-kerjaan mungkin di sekitar waduk sungai supaya masyarakat bisa menikmati waduk yang kita punya," sebutnya.
ADVERTISEMENT
Peralatan milik Dinas Sumber Daya Alam DKI Jakarta juga ingin dievaluasi Juaini. Dia berharap, nantinya Pemprov DKI punya sarana yang cukup untuk penanggulangan banjir.
"Nanti yang ada kita evaluasi kalau selama ini saya lihat masih cukup bagus. Tapi kalau seandainya masih dianggap kurang kita bisa ngadain untuk pengerukan-pengerukan," ucapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80