kumparan
25 Mar 2018 9:20 WIB

Kakorlantas Beri Rompi Antipeluru Kepada Solo Rider Jakarta-London

Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Kementerian Perhubungan melepas Solo Ride Adventure Jakarta - London. Pelepasan ini dilaksanakan pada Minggu (25/3) di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Adapun rider yang berangkat dalam perjalanan ini adalah fotografer Stephen Langitan. Ia akan melakukan perjalanan sejauh 30 ribu kilometer menggunakan motor Kawasaki Versys 250.
Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Acara pelepasan Solo Ride Adventure Jakarta-London ini dimulai pada pukul 08.25 WIB. Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi, memimpin acara ini.
"Pak Menteri Perhubungan meminta maaf karena tidak bisa hadir dalam acara ini, karena dipanggil oleh Presiden terkait aturan taksi online," kata Budi dalam sambutannya.
Budi menyatakan dukungannya terhadap perjalanan yang dilakukan Stephen.
"Saya percaya Stephen punya kualifikasi dalam perjalanan juga harus menggunakan peralatan keselamatan. Kita harapkan bisa memberi semangat WNI dan warga negara lain bahwa keselamatan berlalu lintas itu penting," katanya.
Pelepasan Solo Adventure Ride Jakarta-London (Foto: Ainul Qalbi/kumparan)
Budi juga berpesan agar Stephen menyampaikan pesan-pesan keselamatan berkendara di negara-negara yang dilintasinya. Pada kesempatan yang sama, Stephen juga menyebut dirinya akan menempuh perjalanan selama 145 hari sepanjang 30 ribu kilometer.
ADVERTISEMENT
"Tantangannya adalah melewati daerah konflik di Pakistan. Saya harus tandatangani surat jaminan pemerintah kita tidak boleh menuntut kalau saya ketembak. Untuk melewati jalur itu untungnya kita dikawal tentara," ucap Stephen.
Sehubungan dengan hal itu, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa pun memberikan Stephen rompi antipeluru. "Memang yang rawan Pakistan ya. Rawan desingan peluru, untuk itu saya kasih rompi antipeluru," ujar Royke sebelum memberikan rompi.
Selain Budi, Royke dan Stephen, acara ini turut dihadiri oleh pembalap Rifat Sungkar dan Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Nurhandono. Stephen ditargetkan akan tiba di London bertepatan dengan HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan