Pencarian populer

Kala Prabowo Deklarasikan Kemenangan 4 Kali

Capres Prabowo Subianto menyapa para pendukungnya saat tiba di Kertanegara. Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Capres 02 Prabowo Subianto mengklaim memenangkan Pilpres 2019. Kemenangannya itu diyakininya karena begitulah hasil perhitungan tim internalnya.

Kemenangannya ini disambut baik oleh koalisi dan pendukungnya. Di Rabu (17/4) sore, hampir 4 jam setelah TPS-TPS di Indonesia bagian barat ditutup, Prabowo sudah mendeklarasikan kemenangannya. Tak sekali, namun dua kali di hari itu. Namun, tanpa didampingi cawapresnya Sandiaga Uno.

Baru keesokan harinya, Sandi nampak menemani Prabowo, yang lagi-lagi, mendeklarasikan diri menang di pilpres. Ingin merayakan kemenangannya, Prabowo bersama pendukungnya mengadakan acara syukuran di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (19/4).

Prabowo yakin dengan kemenangannya itu. Ia tak percaya dengan seluruh lembaga survei yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurutnya, ada upaya dari lembaga survei untuk menggiring opini masyarakat.

17 April 2019

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto saat menggelar konferensi pers di Kertanegara. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Sekitar pukul 16.50 WIB, Prabowo mengadakan jumpa pers di depan rumahnya di Jalan Kertanegara. Ia menyikapi hasil penghitungan cepat (quick count) yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf.

Prabowo tak ingin percaya lembaga survei. Ia mengklaim hasil survei internal timnya menyatakan Prabowo-Sandi menang.

"Hasil exit poll kita di 5.000 TPS menunjukkan kita menang 55,4 persen, dan hasil quick count menang 52,2 persen," ucap Prabowo yang disambut riuh pendukungnya.

Ia kemudian meminta seluruh pendukung dan relawannya untuk mengawal kemenangan Prabowo-Sandi di semua TPS dan kecamatan.

Para pendukung pasangan capres cawapres 02 mulai memadati kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara IV, Kebayoran Baru. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

"Saudara-saudara sekalian jangan terpancing. Terus awasi TPS, amankan C1 dan juga jaga di kecamatan jangan lengah. Saudara-saudara sekalian saya imbau pendukung saya semuanya agar tetap tenang, semua tenang dan tidak terprovokasi melakukan tindakan anarkis," ungkap Prabowo.

"Tetap fokus mengawal kotak suara karena kotak-kotak itu adalah kunci kemenangan kita, agar kebohongan-kebohongan yang sudah dilakukan bisa dilawan. Saya tegaskan di sini kepada para pendukung saya untuk sama sekali tidak terprovokasi dan menghindari semua bentuk tindakan berlebihan, tindakan di luar hukum, dan tindakan kekerasan apapun," tuturnya.

Pada deklarasi kala itu, Prabowo tak tampak didampingi oleh Sandi yang tengah sakit. Sejumlah anggota BPN turut mendampingi Prabowo, seperti Dahnil Anzar, Rachmawati Soekarnoputri, Djoko Santoso, Yusuf Martak, Ferdinand Hutahaean, Rizal Ramli, Fadli Zon, Bachtiar Nasir, dan Ustaz Sambo.

17 April 2019

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto memberikan keterangan pers di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Beberapa jam setelah jumpa pers pertamanya, Prabowo kembali menggelar jumpa pers sekitar pukul 20.00 WIB. Bahkan, kala itu, ia menyebut persentase kemenangannya bertambah menjadi 62 persen. Angka tersebut merupakan hasil real count yang dilakukan tim internal BPN Prabowo-Sandi.

Deja vu seperti Pilpres 2014, Prabowo melakukan sujud syukur atas kemenangannya, yang lalu diikuti oleh para pendukungnya. Prabowo juga sempat memekikkan takbir sebanyak tiga kali.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan sujud syukur di Rumah Kertanegara. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

"Perjuangan kita tidak sia-sia, kita sudah menang kita tidak bayar uang saksi-saksi kita, tapi kebenaran yang benar. Kita percaya dan yakin Tuhan Maha Besar selalu membela yang benar," tutur Prabowo.

18 April 2019

Paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandi mengangkat tangan saat mendeklarasikan kemenangannya di kediaman Kertanegara. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Deklarasi kemenangan ketiganya dilakukan bersama Sandi di Jalan Kertanegara. Ia juga menyebut pihaknya telah memiliki bukti-bukti yang kuat sebagai dasar mendeklarasikan kemenangannya kali ini.

"Pada hari ini saya Prabowo Subianto menyatakan bahwa saya dan saudara Sandiaga Salahudin Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2019-2024," ujar Prabowo di kediamannya, Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, Kamis (18/4).

Paslon nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga Uno saat konferensi pers di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (18/4). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Prabowo mengungkapkan sengaja mendeklarasikan diri lebih cepat dari pengumuman real count KPU. Dia menilai, banyak kecurangan yang terjadi di berbagai daerah.

"Kami punya bukti-bukti telah terjadi usaha-usaha dengan berbagai ragam kecurangan yang terus terjadi di desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," ucap Prabowo.

Pada deklarasi ini, Sandi nampak tak banyak berekspresi. Ia yang tampil menggunakan kaus berkerah warna biru tampak pucat karena sakit.

19 April 2019

Capres 02 Prabowo Subianto berdoa usai ibadah salat Jumat di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan. Foto: Maulana Ramadhan/kumparan

Prabowo mengawali rangkaian deklarasi kemenangan keempatnya sekaligus syukuran dengan melaksanakan salat Jumat di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/4).

Usai salat Jumat, Prabowo kembali melakukan sujud syukur atas klaim kemenangan sebesar 62 persen di Pilpres 2019 berdasarkan real count tim internalnya.

Kali ini, aksi sujud syukur Prabowo ini diikuti para tokoh BPN Prabowo-Sandi, seperti Waketum Gerindra Fadli Zon dan Ketua PA 212 Slamet Maarif. Namun, untuk kedua kalinya, tak tampak Sandi mendampingi Prabowo karena kondisi kesehatannya yang turun.

Prabowo Subianto di Kartanegara Foto: Dok, Tim Prabowo-Sandi

Ia selanjutnya menuju kediamannya di Jalan Kertanegara. Di sana, ia disambut riuh oleh para pendukungnya. Prabowo kembali menuding lembaga-lembaga survei yang merilis quick count Pilpres 2019 sebagai pihak yang berbohong kepada rakyat.

Dia pun meminta lembaga survei yang telah berbohong untuk meninggalkan Indonesia.

"Hei tukang bohong, rakyat tidak percaya sama kalian. Mungkin kalian bisa pindah ke negara lain, mungkin kau bisa pindah ke Antartika," ungkap Prabowo dalam sambutannya di acara syukuran kemenangan tersebut.

"Hei lembaga survei kau bisa bohongi penguin-penguin di Antartika," ujar dia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21