kumparan
21 Mar 2019 5:03 WIB

Kala Superhero ada di Daftar Pemagang Gedung Putih AS

Gedung Putih Foto: Reuters/John Pryke
Apa jadinya jika para superhero magang di Gedung Putih? dalam laporan ekonomi presiden Amerika Serikat tahun 2019, terdapat tulisan ‘memperluas lapangan pekerjaan’ dan ‘menyeimbangkan aturan keuangan yang seimbang’ yang diklaim ditulis oleh Batman.
ADVERTISEMENT
Ternyata, selama dua tahun berturut-turut, sekelompok ekonom yang bertugas melakukan analisis tingkat pertumbuhan tahunan untuk Presiden Donald Trump telah memasukkan karakter-karakter komik dalam laporannya.
Dalam daftar dewan penasihat ekonomi magang di halaman 624 laporan tersebut tertulis beberapa nama yang cukup familiar bagi penggemar komik. Misalnya, Steve Rogers (Kapten Amerika), Peter Parker (Spiderman) hingga Bruce Wayne (Batman). Bahkan, wali Peter Parker, Bibi May, juga masuk dalam daftar penasihat magang di Gedung Putih.
Tak hanya itu, muncul pula nama JT Hutt yang merujuk pada panggilan Jabba the Hutt, gengster di film Star Wars. Muncul pula nama aktor John Cleese, kapten di Star Trek Kathryn Janeway, dan seseorang bernama John Snow.
Khusus untuk John Snow, banyak yang mempertanyakan, apakah nama tersebut merujuk pada mantan menteri keuangan di era pemerintahan Presiden George W Bush, atau malah plesetan nama karakter di Game of Thrones, Jon Snow? atau malah, John Snow benar-benar nama pemagang di Gedung Putih?
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, tokoh-tokoh tersebut muncul karena sebagian besar pemagang di Dewan Penasihat Ekonomi adalah mahasiswa. Dalam akun twitter resminya, Dewan Penasihat Ekonomi menyebut, daftar itu merupakan upaya untuk menarik perhatian para ‘pahlawan super’ internalnya untuk membuat kontribusi signifikan di laporan ekonomi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan