kumparan
2 Jan 2019 17:20 WIB

Kali Item Kembali Berbusa

Busa di Kali Sentiong alias Kali Item, Rabu (2/1). (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Busa kembali terlihat di Kali Sentiong alias Kali Item. Buih berwarna putih itu keluar dari saluran yang menghubungkan Danau Sunter Barat dengan Kali Item.
ADVERTISEMENT
Busa mulai terlihat saat mesin pompa Sunter Selatan dihidupkan. Pompa tersebut mengalirkan air dari danau ke kali. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kondisi pompa dan munculnya busa tersebut.
“Iya ini karena limbah rumah tangga,” ujar Anies singkat di Stasiun Pompa Sunter Selatan, Rabu (2/1).
Anies menyalakan pompa tersebut sekitar lima menit, setelah itu dimatikan kembali. Busa yang tadinya terlihat perlahan menghilang. Anies sebelumnya juga meninjau peralatan lain yang ada di stasiun pompa tersebut. Di sana Ia melihat aliran air dari Danau Sunter Barat hingga ke Kali Item.
Busa di Kali Sentiong alias Kali Item, Rabu (2/1). (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji menduga buangan limbah detergen dari warga sekitar menjadi salah satu penyebab timbulnya busa di Kali Item.
ADVERTISEMENT
“Kita tahu bahwa di Indonesia penggunaan detergen dengan jenis hard detergen, yang menghasilkan efek buih dan busa. Detergen bila bercampur dengan air akan menghasilkan busa dan buih yang banyak," ujar Isnawa.
Fenomena busa di kali Jakarta bukan hanya terjadi di Kali Item. Sebelumnya busa juga pernah terlihat di Pnitu Air Weir 3 Marunda dan Stasiun Pompa Waduk Pulo Mas.
Busa di Kali Sentiong alias Kali Item, Rabu (2/1). (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Busa di Kali item sebelumnya muncul pada Selasa (1/1). Sri (35) salah satu penjual es di pinggir kali mengatakan, busa tebal memang kerap kali muncul di Kali Item. Hanya saja, kemunculannya ini tidak selalu terjadi.
"Memang sering busa muncul. Cuma ya enggak selalu. Kadang-kadang gitu," ujar Sri saat ditemui.
Kali Item sempat menuai polemik ketika ajang Asian Games berlangsung. Sebab, Wisma Atlet yang tepat berada dekat Kali Item terkena imbas bau tak sedap. Kali Item kemudian ditutupi jaring hitam dan akhirnya dilepas kembali oleh petugas Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta usai gelaran Asian Games.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan