kumparan
29 Jul 2018 7:26 WIB

Kapan Sebenarnya Jokowi Akan Umumkan Cawapres?

Presiden Joko Widodo (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)
Sosok cawapres yang akan menjadi pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019 masih menjadi misteri. Enam parpol koalisi pendukung Jokowi yang mengklaim telah memutuskan satu nama untuk cawapres belum kunjung buka suara.
ADVERTISEMENT
Mereka, PDIP, Golkar, PPP, PKB, NasDem, dan Hanura, mengaku menyerahkan kepada Jokowi untuk deklarasi cawapres tersebut. Sementara KPU membukan pendaftaran Pilpres 2019 pada 4-10 Agustus. Lalu kapan sebenarnya Jokowi akan umumkan cawapresnya?
Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin mengungkapkan Jokowi akan mengumumkan cawapresnya menjelang akhir pendaftaran Pilpres 2019. Cak Imin mengungkapkan hal tersebut di Kantor DPP PKB, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7).

Setahu saya arahan beliau umumkan (cawapres) tanggal 9 atau 10 (Agustus)

- Muhaimin Iskandar

Tanggal yang hampir mirip juga diutarakan oleh Ketum PPP Romahurmuziy (Romy) di sela-sela acara Munas IKA PMII ke-6 di Jakarta, Jumat (20/7).

Pak Jokowi akan mengumumkan cawapresnya pada 9 Agustus mendatang

- Romahurmuziy

ADVERTISEMENT
Namun, tanggal berbeda diutarakan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Dalam acara Deklarasi Blusukan Jokowi di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (28/7), dia mengungkap ada dua hari pilihan untuk Jokowi.

Itu dipastikan tanggal 8 hari Rabu, tanggal 10 itu hari Jumat. Nanti tinggal yang dipilih hari Rabu atau Jumat

- Hasto Kristiyanto

Ketum Golkar Airlangga Hartarto usai menghadiri halalbilhal ulama se-Jabodetabek di di sekitar Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur, Minggu (29/7), juga senada dengan Hasto. Ia mengatakan akan ada pertemuan lagi antara parpol koalisi sebelum pengumuman cawapres.

Kira-kira kalau enggak tanggal 10, tanggal 8. Pokoknya sebelum tanggal 10

- Airlangga Hartarto

Sementara itu, Jokowi sendiri belum angkat bicara soal kapan akan mengumumkan pendampingnya di Pilpres 2019. Pada Rabu (11/7) di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jokowi meminta agar semua pihak bersabar.
ADVERTISEMENT

Mbok sabar dulu. Kan paling tinggal seminggu, dua minggu, tiga minggu lagi, ya kan

- Joko Widodo

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan