kumparan
21 Okt 2017 10:58 WIB

Kecupan Tanda Selamat Datang Erdogan kepada JK di Istana Istanbul

Recep Tayyip Erdogan dan Jusuf Kalla (Foto: Dok. Jubir Wapres RI)
Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) D-8 di Turki, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
ADVERTISEMENT
JK datang ke tempat pertemuan di Istana Mabeyn Istanbul didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Saat melihat JK datang menghampirinya, Erdogan langsung mengecup kepala Wapres serta menjawab sapaan assalamualaikum yang disampaikan JK ketika masuk ke istana, dengan perkataan, "alaikum sallam, my brother."
Wapres JK pun sebelum memulai pertemuan menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo.
Dalam pertemuan dengan JK, Erdogan memuji peran Indonesia dalam menyukseskan KTT D-8. Pemimpin Turki memandang KTT D-8 tidak akan berhasil tanpa peran aktif Indonesia.
"Indonesia dipandang oleh Erdogan sebagai negara yang akan menentukan keberhasilan pelaksanaan hasil KTT ini," sebut juru bicara Wakil Presiden JK, Husain Abdullah, dalam keterangan pers kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (21/10).
Husain menyebut, pertemuan Erdogan-JK difokuskan membahas komitmen Indonesia dan Turki untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang penting.
Recep Tayyip Erdogan dan Jusuf Kalla (Foto: Dok. Jubir Wapres RI)
"kedua pihak sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, perdagangan, pendidikan/iptek dan industri strategis," papar Husain.
ADVERTISEMENT
"Karena itu disepakati segera merumuskan suatu forum konsultasi bersama tingkat menteri yang melibatkan berbagai sektor serta kalangan swasta kedua dari negara," pungkas dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan