Pencarian populer

Kegiatan Capres dan Cawapres di Masa Tenang Pemilu

Keakraban Jokowi dan Prabowo di Monas. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Masa tenang kampanye sudah berlalu satu hari. Selama satu hari tersebut, baik paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf maupun paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi tidak melakukan kampanye. Mereka memang dilarang melakukan kampanye di masa tenang.

Selain itu mereka juga dilarang untuk mengunggah konten yang memuat citra diri, program, maupun logo partai di media sosial. Sedangkan media massa, termasuk media cetak dan online, tidak diperkenankan memuat kampanye maupun konten yang bisa menguntungkan atau merugikan peserta pemilu.

Namun, bukan berarti kedua paslon tersebut tidak berkegiatan. Berikut kegiatan para paslon di hari pertama masa tenang.

Jokowi bertemu Raja Salman

Presiden Joko Widodo tiba di Riyadh, Arab Saudi. Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Di hari pertama masa tenang, Jokowi kembali menjalankan tugasnya sebagai Presiden RI. Ia melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk umrah. Namun, sebelumnya, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Keduanya tiba di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (14/4), sekitar pukul 08.50 waktu setempat. Kedatangan mereka disambut oleh Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh dan Gubernur Riyadh Pangeran Faisal bin Bandar Al Saud. Menteri Perdagangan dan Investasi Arab Saudi Majid bin Abdullah Al Qasabi juga terlihat ikut mendampingi.

Selain bertemu Raja Salman, mantan Gubernur Jakarta tersebut juga dijadwalkan untuk bertemu putra mahkota Muhammad bin Salman. Setelah itu, Jokowi dan Iriana akan terbang ke Jeddah dan menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umrah.

Ma'ruf Berkumpul dengan Keluarga

Cawapres no urut 01, Ma'ruf Amin tiba di lokasi Debat Final Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, (13/4). Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Tujuh bulan massa kampanye membuat cawapres nomor urut 02 Ma'ruf Amin merasa jauh dari keluarganya. Maka itu, selama masa tenang, Ketua Majelis Ulama Indonesia tersebut akan mengisinya dengan berkumpul dengan keluarga.

"Pak Jokowi umrah, saya enggak. Saya berkumpul dengan keluarga 'kan sudah sekian lama kita muter kaya jarum super, jarum super itu jarang di rumah suka pergi. Jadi jarum super berapa bulan itu," canda Ma'ruf, Sabtu (13/4).

"Sudah cukup (kapanye), kita sekarang istirahat. Kumpul keluarga semangat 76, supaya menikmati," tambahnya.

Prabowo ziarah dan hadiri pemeran foto kucing

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto mengisi masa tenang pertamanya dengan berziarah ke makam orang tuanya di Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Dalam unggahan foto Instagram sekretaris pribadinya, Dhani Wirianata, Prabowo terlihat sedang berdoa di hadapan makam ibunya, Dora Sigar. Ia mengenakan baju putih serta kacamata hitam.

Loading Instagram...

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengonfirmasi hal itu. Menurutnya, Prabowo berangkat ziarah dari Hambalang pada Minggu pagi. Ketua Umum Partai Gerindra tersebut hanya ditemani ajudan dan sekretaris pribadinya.

"Iya ziarah ke (makam) ibu dan bapaknya," ucap Andre kepada kumparan, Minggu (14/4).

Prabowo hadiri pameran seni foto kucing di Galeri Seni Tugu Kunstkring Paleis jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019). Foto: Dok. Tim Prabowo Subianto

Selain ziarah, Prabowo juga mengunjungi pameran seni foto kucing karya fotografer Belanda, Ted Van Der Hulst, di Galeri Seni Tugu Kunstkring Paleis, Jalan Teuku Umar, Jakpus. Dalam pameran tersebut, kucing kesayangan Prabowo, Bobby the Cat, menjadi salah satu objek fotonya.

"Wah ini foto Bobby ya? Bagus banget fotonya," ungkap Prabowo.

Sandi Umrah bersama Istri

Sandiaga Uno bersama Istrinya, Nur Aisa, saat umroh di Arab Saudi. Foto: Dok. BPN

Cawapres Sandiaga Uno juga memanfaatkan masa tenang kampanye Pilpres 2019 dengan menjalankan ibadah umrah. Ia didampingi istrinya, Nur Asia Uno, tiba di Bandara Jeddah, Minggu (14/4).

Begitu keluar dari bandara, Sandi langsung dijemput oleh guide dari Inatra, Muthawif, untuk menuju ke Masjidil Haram melakukan ibadah umrah. Baru setelah itu, rombongan melanjutkan dengan ibadah salat Ashar di Masjidil Haram.

Pada malam hari Sandi menuju Madinah dan beribadah di Masjid Nabawi, sebelum menuju Raudah.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23