• 0

Kemendikbud Bikin Kuis Ajak Netizen Membuat Soal UN 2018

Kemendikbud Bikin Kuis Ajak Netizen Membuat Soal UN 2018


UNBK

UNBK. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)
Siswa-siswi peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 mengeluhkan sulitnya soal matematika yang mereka kerjakan. Sulitnya soal matematika ini kemudian direspons para siswa dengan membanjiri kolom komentar di akun Instagram resmi Kemendikbud.
Setelah komentar-komentar tersebut viral di media sosial, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pada Jumat (13/4) lalu meminta maaf terkait sulitnya soal matematika di UNBK 2018. Muhadjir mengatakan pihaknya akan membenahi permasalahan soal UNBK tersebut.

Keluhan Lucu Peserta UNBK 2018

Keluhan lucu peserta UNBK 2018 di Instagram. (Foto: Screenshot Instagram Kemdikbud RI)
Namun bukan hanya permintaan maaf, kali ini Kemendikbud melalui akun Instagram resminya @kemdikbud.ri membuat kuis terkait soal UNBK 2018. Kuis tersebut menantang pesertanya untuk membuat komentar yang paling unik tentang soal UNBK 2018.
"Siapa yang beberapa hari ini berkomentar minta give away?
Sekarang kami berikan, ya. Tapi bukan give away nilai UN, loh. Yuk berikan pendapat dan komentar #SahabatDikbud tentang #SoalUN2018 sesuai dengan ketentuan di atas," tulis akun @kemdikbud.ri, Senin (16/4).
Ketentuannya adalah peserta diminta untuk menuliskan sendiri soal UN 2018. Lalu di akhir kalimat, soal tersebut harus dilengkapi dengan kalimat berikut : Berkat #SOALUN2018 aku jadi...
Kuis ini langsung dibanjiri beragam komentar dari netizen. Ada yang menganggapnya sebagai pengalihan isu dari sulitnya soal UNBK, ada yang memberikan komentar yang kocak, hingga meminta mengubah hadiah yang akan diberikan.
Seperti akun @nalifafian yang berkomentar,"Hmm aku mencium adanya bau-bau mengalihkan pembahasan..."
Lalu akun @thestories97 berkomentar,"Berapa luas dan volume kantong doraemon? Berkat #SOALUN2018 aku jadi bersyukur dibilang sudah tua, karena sudah lulus duluan :),"
Sementara akun @inezaureliaa berkomentar,"Giveaway nya free pass SBMPTN semua jurusan aja gimana pak wkwk,"
"Sebuah permen berada di dalam kotak dan diambil 3 kali. Peluang terambil permen adalah 100%. Siapakah nama yang mengambil permen? Berkat #soalUN2018 aku jadi pembuat soal dengan soal tergreget," tulis akun @togi.simaremare.
"Andi memiliki ibu yang bernama Sari. Dia juga memiliki adik dan kakak, adiknya bernama Bagus, kakaknya bernama Jelek. Mereka hidup dalam satu rumah. Pertanyaan : Siapa nama ayahnya Andi ? Berkat #soalun2018 aku jadi... (Bahagia)," kata akun @anggaramadhan08.
"Si Rudi suka dengan Siti, si Siti suka Hendri, si Hendri suka Desti. Hitung peluang sakit hati mereka semua! Berkat #soalUN2018 aku jadi pura-pura amnesia pas ngerjain :)," tulis akun @melliniapranandari.
Pantauan kumparan, hingga Senin (16/4) malam, unggahan kuis tersebut sudah mendapat lebih dari 3900 komentar.

NewsViralUNBKKemdikbudUjian Nasional

presentation
500

Baca Lainnya