Pencarian populer

Kendaraan Jemaah Penuhi Jalan Sekitar Masjid Istiqlal

Suasana Salat Id di Masjid Istiqlal. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

Jemaah yang akan salat Id di Masjid Istiqlal sudah memenuhi masjid. Jemaah ini datang dari berbagai daerah sehingga kepadatan tidak hanya terlihat dari dalam masjid, tapi juga dari luar masjid.

Banyaknya jemaah membuat beberapa ruas jalan dipakai untuk parkir kendaraan. Pantauan kumparan di lokasi, ruas jalan yang digunakan untuk parkir yaitu di Jalan Katedral, Jalan Lapangan Banteng Utara, Jalan Veteran, serta Jalan Juanda.

Akses ke Jalan Veteran dari Jalan Katedral bahkan ditutup. Kendaraan bisa melintas hanya untuk parkir.

“Mau ke Istiqlal, Pak? Kalau tidak ambil kanan,” ujar petugas kepolisian sembari mengarahkan pengendara ke Jalan Pos, Jumat (15/6).

Selain di pinggir jalan, beberapa gedung sekitar juga dijadikan tempat parkir jemaah juga terpantau ramai. Salah satunya adalah Gereja Katedral yang letaknya berada di seberang Masjid Istiqlal..

Salah satu petugas parkir, Herman mengatakan, jemaah sudah mulai berdatangan sejak pukul 05.30 WIB. Menurutnya halaman Katedral bisa menampung hingga 1.000 sepeda motor.

Suasana Salat Id di Masjid Istiqlal. (Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan)

“Dari jam setengah 6 sudah mulai pada datang. Ini bisa nampung sampai seribuan motor,” ujar Herman.

Hanya saja, pemandangan kurang menyenangkan terlihat di sekitaran Masjid Istiqlal. Sebagian besar jemaah yang tidak membawa sajadah menggunakan koran bekas sebagai sajadahnya. Namun, mereka tidak membawa kembali koran-koran tersebut, sehingga berserakan di halaman masjid.

Koran-koran banyak berserakan di depan pintu Al Fattah dan pintu Al Quddus. Koran-koran itu terinjak-injak oleh jemaah yang keluar Masjid Istiqlal.

Salat Id di Masjid Istiqlal dimulai pukul 07.00 WIB. Salat dipimpin oleh Hasanudin Sinaga, sedangkan yang Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym bertindak sebagai khatib. Tema khotbah yaitu 'Meraih Kemenangan Pribadi Menuju Kemenangan Umat'.

Diperkirakan ada 150.000 jemaah menunaikan Salat Id di Masjid terbesar se-Indonesia dan Asia Tenggara tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23