• 3

Kepala Badan Siber: Kalau Hoax itu Membangun, Silakan Saja

Kepala Badan Siber: Kalau Hoax itu Membangun, Silakan Saja


Jokowi Lantik Djoko Setiadi Jadi Kepala BSSN

Jokowi Lantik Djoko Setiadi Jadi Kepala BSSN (Foto: Yudhistira Amran/kumparan)
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi bicara soal hoax yang banyak beredar di media sosial. Menurut Djoko, ada hoax yang membangun dan itu tidak perlu menjadi masalah.
"Tentunya hoax ini kita lihat. Kan ada positif, ada negatif. Saya juga mengimbau kepada kawan-kawan putra-putri bangsa Indonesia ini ya mari sebenarnya kalau hoax itu membangun silakan saja," ucap Djoko usia dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/1).
Djoko tak merinci apa yang dimaksud dengan hoax yang membangun itu. Menurut Djoko melawan hoax tidak perlu sampai menjelek-jelekkan apalagi dengan ujaran-jaran yang tidak pantas. Djoko memastikan hoax bisa diberantas dengan cara-cara elegan.
"Ada tindakan, pasti akan ada tindakan (untuk hoax). Jadi nanti paling enggak ya mengingatkan. Ingatkan supaya berhenti tidak dilanjutkan. Tapi kalau semakin menjadi-jadi ya nanti ada aturannya," tegas Purnawirawan TNI itu.
Djoko menyebut melawan hoax tidak hanya menjadi tugas Badan Siber dan Sandi Negara, tapi ada lembaga lain seperti Polri, Kominfo dan lainnya. Sehingga penindakan atas informasi hoax bisa dilakukan siapapun.
"Kalau masalah kemampuan bisa, hanya nanti kita lihat pembagiannya seperti apa. Sementara diakukan oleh Kominfo. Nanti ada satu direktorat yang bergabung dengan BSSN (untuk menindak hoax)," tuturnya.

NewsTeknologiNasionalBSSNHoax Membangun

presentation
500

Baca Lainnya