Pencarian populer

Kesenian Bambu Rp 550 Juta di HI Dibongkar, Pemprov Taruh Border Semak

Lokasi yang sebelumnya ada Getih Getah kesenian bambu di Bundaran HI. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Pemprov DKI Jakarta telah membongkar instalasi seni bambu "Getih Getah" di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Lokasi yang dijadikan bambu itu berdiri saat ini masih kosong. Belum terlihat tanda-tanda bangunan atau karya seni baru.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzy Marsita mengungkapkan lokasi tempat instalasi seni sementara ini diberi diisi tanaman sebagai pembatas.
“Sementara ditanam border semak, ground cover sambil menunggu instalasi lainnya,” kata Suzy saat dihubungi, Kamis (18/7).
Namun, Suzy belum bisa membeberkan tanaman apa saja yang akan ditaruh di area bekas kesenian karya Joko Avianto tersebut. Ia memastikan bambu tersebut tidak akan digunakan lagi.
Instalasi seni berbahan bambu karya Joko Avianto, Rabu (15/8/18). Foto: Nadia K Putri/kumparan
Lebih lanjut, Suzy mengatakan pembongkaran dilakukan karena kondisi karya seni itu yang sudah rapuh.
“Iya dilakukan pembongkaran karena bambunya sudah mulai rapuh karena cuaca sehingga jalinan bambu sudah mulai jatuh, khawatir rubuh,” ujar Suzy.
Loading Instagram...
Instalasi bambu ini cukup ramai dibicarakan masyarakat khususnya jelang Asian Games 2018. Tak kurang dana sekitar Rp 550 juta digelontorkan untuk membangun kesenian yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 16 Agustus 2018.
ADVERTISEMENT
“Jadi bambu adalah material asli Indonesia yang memiliki keuletan. Tanpa bambu konstruksi rumah-rumah tak muncul hasilnya,” tutur Anies saat meresmikan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85