• 3

Kisah Briptu Rachel Taklukkan Teroris di Mako Brimob

Kisah Briptu Rachel Taklukkan Teroris di Mako Brimob


Christeel Racheltania Philip, Anggota korps Brimob

Christeel Racheltania Philip, Anggota korps Brimob (Foto: Munady Widjaja)
Sosok Briptu Christeel Racheltania Philip yang merupakan anggota tim antiteror Korps Brimob beberapa waktu lalu, menyampaikan perasaanya pada saat terjadi baku tembak dengan terduga teroris saat rusuh di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.
Wanita yang hampir sembilan tahun mengabdi di kepolisian ini mengakui perasaanya tegang. Saat itu, dia dan tim terpaksa membalas tembakan dari teroris yang masih bertahan di dalam rutan. Alhasil, baku tembak terjadi. Hal ini dilakukan demi meredam aksi terorisme oleh para terduga teroris.
"Tegang pasti, cuma karena itu merupakan sebuah kewajiban dan sudah jadi bagian dari diri sendiri jadi, ya jalanin aja. Deg-degan pasti tapi ya, itu adalah tugas dan tanggung jawab saya jadi ya harus dijalani," ujar wanita yang akrab di sapa Rachel ini saat berbincang dengan kumparan, Minggu (24/6).
Dalam mengatasi perasaan tegangnya saat menangani aksi terorisme itu, Rachel cukup membangkitkan percaya diri, berkonsentrasi, dan berpikir positif. "Fokus, konsentrasi, dan percaya diri apa yang mau dilakukan tuh pasti nanti hasilnya baik," imbuhnya.
Ia bersyukur selama ini tugas yang dia laksanakan berjalan dengan baik, termasuk penanganan aksi teror di Rutan yang berada di Mako Kelapa Dua, Brimob, pada Selasa (8/5) lalu. Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari kerja keras dia selama ini dalam berlatih. Rachel yang mengaku suka senjata laras panjang ini menyebut telah berlatih menambak sudah sejak awal berdinas di kepolisian.
"Setelah aku lulus dari polisi, di sekolah Polwan aku langsung penempatan di Korps Brimob di Gegana. Nah mulai dari situ aku mulai belajar nembak semua dan segala macam sampai dengan sekarang ini. Jadi merintisnya dari nol itu sampai sekarang cukup banyak waktu yang sangat banyak, jadi step by step harus dijalanin setiap prosesnya," tuturnya.

Christeel Racheltania Philip, Anggota korps Brimob

Christeel Racheltania Philip, Anggota korps Brimob (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)
Tak lama lagi, Rachel akan menjalani tugas baru di Sudan sebagai bagian dari pasukan perdamaian dalam satu sampai dua tahun. Ia lolos seleksi Individual Police Officer. Menurut dia, lolosnya ia berkat kerja keras dan kesabaran dalam menjalankan tugas.
"Iya, jadi kalau kita enggak ada kerja keras cuma yang instan-instan saja hanya sekadar itu. Jadi harus usahanya, harus ada yang dibuat supaya kita dapat apa yang seperti ini kita dapatkan. Segala sesuatu itu enggak ada yang instan, harus ada prosesnya. Jadi kalau kita enggak menjalani proses, kita enggak punya hasil yang baik," paparnya.
Rachel telah menjalani berbagai penugasan, termasuk satu-satunya wanita yang ada dalam tim penyelesaian konflik di Mako Brimob. Wanita yang hobi terjun payung itu telah bergabung menjadi anggota Brimob sejak tahun 2009.
Setelah lulus Sespolwan, Rachel langsung bergabung di tim Gegana. Di luar tugas, Briptu Rachel juga tergabung dalam band D’Brims yang beranggotakan anggota Brimob. Rachel menjadi vokalis D’Brims.

NewsBrimobSudanTerorismeNasional

presentation
500

Baca Lainnya