• 0

Kisah Mya: Kena Macet 9 Jam, Naik Travel dari Jakarta ke Cirebon

Kisah Mya: Kena Macet 9 Jam, Naik Travel dari Jakarta ke Cirebon


Mudik 2018 macet di Cikampek

Pemudik terjebak macet di Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Seperti perantau di Ibu Kota lainnya, menjelang hari raya Idul Fitri, Pranamya Dewati selalu menyempatkan diri untuk pulang kampung. Namun, lebaran kali ini, ia terpaksa menghabiskan waktu hingga 9 jam di perjalanan dari Jakarta menuju ke Cirebon.
Tahun ini adalah pertama kalinya ia mencoba mudik dengan menggunakan travel dari Cikini, Jakarta Pusat. Karena hingga Selasa (12/6) siang Mya yang merupakan pegawai swasta masih bekerja, akhirnya ia memutuskan untuk beristirahat terlebih dahulu sebelum berangkat pada Rabu (13/6) pukul 05.00 WIB pagi.
"Tapi sampai di Tol Cikarang-Bekasi, lalu lintas mulai padat. Emang sih kendaraan masih bisa jalan, tapi pelan banget," ujar Mya kepada kumparan, Rabu (13/6).
Mya menuturkan, kepadatan tersebut terjadi akibat antrean panjang di Gerbang Tol Cikarang Utama. Setelah sekitar 2 jam lebih, ia baru bisa keluar dari kemacetan.
"Lalin sempat lancar sebenarnya. Tapi ternyata cuma sebentar, cuma sekitar 20 menit aja. Abis itu macet lagi," lanjutnya.
Kemacetan tersebut terjadi saat rombongan mulai memasuki ruas Tol Cipali, tepatnya di sekitar titik KM 100. Mya mengaku sempat kesal, sebab ia sebelumnya sudah menyarankan kepada sopir untuk menggunakan jalur Pantura saja karena menurut peta lebih sepi.
"Tapi dia ngeyel, enggak mau. Soalnya, katanya, kalau menurut SOP kantor dia tuh harus lewat tol. Ya sudah pasrah, kena macet lagi," kata Mya.
Selama macet, Mya mengaku melihat ada beberapa pedagang asongan dadakan yang memanfaatkan situasi dengan menjajakan makanan dan minuman ringan dari satu mobil ke mobil lain. Namun, Mya tak sempat membeli karena harus berhemat demi memberikan 'salam tempel' pada keponakan.
"Sampai siang juga banyak petugas kepolisian yang patroli. Nah, itu baru bisa keluar Tol Cipali sekitar pukul 14.30 WIB," tuturnya.
Meski lalu lintas sempat kembali normal, namun memasuki Kota Cirebon, Mya kembali merasakan macet. Lalu lintas di dalam Kota Cirebon, menurut Mya, padat merayap oleh para pemudik hingga ia sampai ke titik pemberhentian terakhir di Jalan Raya Pilang, Kota Cirebon.

NewsMudik Lebaran 2018MudikLebaran 2018Cirebon

presentation
500

Baca Lainnya