kumparan
11 Jul 2019 15:30 WIB

Koalisi Jokowi Akan Putuskan Bersama Pimpinan Komisi di DPR

Johnny G. Plate. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Partai NasDem bersama dengan seluruh partai koalisi pemerintah akan duduk bersama membahas pengisian alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR. Hal itu diungkapkan oleh Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate.
ADVERTISEMENT
Dia mengatakan, pengisian AKD di DPR akan diputuskan melalui musyawarah mufakat.
"Di AKD, harus menyusun alat kelengkapan DPR. Terkait dengan itu, kami koalisi Indonesia Kerja akan berembuk dan kami tentu sebagaimana soliditasnya yang selama ini terjaga dengan baik, kita akan ambil keputusan melalui musyawarah untuk mufakat," ujar Johnny di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7).
Namun, Johnny mengatakan, terkait dengan pengisian pimpinan DPR, hal itu sudah diatur dalam UU MD3. PDIP sebagai pemenang pemilu berhak atas kursi ketua DPR. Sementara Partai NasDem mendapat porsi wakil Ketua DPR bersama Golkar, Gerindra dan PKB.
"Soal paket pimpinan DPR itu sudah diatur UU, ketuanya pasti dari PDIP dan empat berikutnya dari perolehan kursi DPR termasuk itu di dalamnya Nasdem," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Johnny belum bisa memastikan siapa kader NasDem yang akan ditugaskan menjadi pimpinan DPR mendatang.
"Kalau nama jangan sampai spekulasi, kita tunggu waktunya. Kan ada waktunya. Namanya akan diputuskan DPP untuk penugasan portofolio politik 2019-2024. Dan itu masih cukup banyak waktu. Kita akan menempatkan tokoh-tokoh yang mumpuni di DPR dan MPR demi kinerja yang baik," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan