Pencarian populer

Komnas Anak Usut Kasus Pelecehan Seksual oleh Pegawai Hotel di Jakarta

Ilustrasi pelecehan seksual. (Foto: Instagram @amarisdellisanti)

Pelecehan seksual menimpa seorang pelajar saat dirinya tengah Praktik Kerja Lapangan (PKL) di sebuah hotel di Mampang, Jakarta Selatan. Atas kejadian tersebut, ayah korban, Endy, mengadukan kasus pelecehan itu kepada Komnas Anak 21 Februari lalu.

Komnas Anak mengaku sudah menerima aduan Endy. Pihaknya kini tengah memproses aduan itu dan berkoordinasi dengan Polres Jakarta Selatan dalam mencari keadilan bagi korban.

"Ya pengaduannya sudah masuk. Ayah korban datang 21 Februari lalu. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Polres Jakarta Selatan untuk penanganan kasus ini," ujar Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas Anak, kepada kumparan (kumparan.com), Senin (12/3).

Arist menyebut, pelaku berinisial AD sudah mengakui kesalahannya itu melalui selembar surat pernyataan.

Untuk proses hukumnya, Komnas Anak menyebut menyerahkan hal tersebut kepada pihak berwajib guna diproses lebih lanjut.

"Kami memberikan pertimbangan terhadap perkara dengan ketentuan Pasal 82 UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan UU RI No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak," tambah Arist.

Sebelumnya, kepada kumparan Endy mengungkapkan peristiwa pelecehan itu terjadi pada Minggu 18 Februari 2018. Kala itu anaknya sedang menjalankan PKL di sebuah hotel di Mampang. Sekitar pukul 10.00 WIB korban sedang berada di dalam lift bersama dengan AD.

AD kemudian mendorong korban ke pojok dan berusaha menciuminya. Korban lalu melawan dan berusaha membuka pintu lift. Namun, AD malah memegang dada korban.

Korban lalu melaporkan hal tersebut kepada pihak hotel. Akan tetapi, menurut Endy pihak hotel justru terkesan seperti melindungi AD.

"Anak saya terpaksa diliburkan dulu sementara. Pihak sekolah pun terkesan menganggap masalah ini biasa saja," kata Endy.

Endy juga telah melaporkan kasus pelecehan yang menimpa anaknya kepada Polres Jakarta Selatan. Namun, belum ada perkembangan lebih lanjut atas laporannya itu.

kumparan sudah mencoba menghubungi pihak hotel yang berada di kawasan itu, tapi pihak hotel belum mau memberikan pernyataan. Terlapor, AD, juga sudah dihubungi, tapi tidak merespons telepon dan pesan singkat dari kumparan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60