Pencarian populer

Kontak Senjata, KKSB Papua Kabur dari TNI dengan Lompat ke Jurang

Ilustrasi TNI di Papua. Foto: Dok. Pendam Cendrawasih
Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pimpinan Egianus Kogoya kembali menyerang pos TNI di Nduga, Papua. Aksi kontak tembak kedua pihak pun tak terhindarkan.
ADVERTISEMENT
Kapendam Cendrawasih Kolonel Infrantri M Aidi mengatakan, sekitar 20 anggota KKSB menyerang TNI yang berjaga di Distrik Mugi dengan melepas tembakan dari jarak jauh, Selasa (23/7). Petugas pun membalas serangan sehingga terjadi kontak tembak.
“Tiba-tiba dari arah yang tidak terduga muncul serangan mendadak yang dilakukan oleh KSB diperkirakan kekuatan antara 15 -20 orang, teridentifikasi dari kelompok Egianus Kogoya,” kata Aidi lewat keterangan tertulisnya, Rabu (24/7).
Mendapat perlawanan dari anggota TNI, kelompok KKSB memilih mundur. Namun, anggota TNI terus mengejar KKSB yang lari ke dalam hutan.
Aidi mengungkapkan, sekitar 5 orang anggota KKSB melarikan diri ke salah satu pondok. Sadar diikuti, anggota KKSB memilih melompat ke jurang yang tidak jauh dari pondok tersebut.
ADVERTISEMENT
“Pasukan TNI melancarkan tembakan secara terbidik dan melanjutkan pengejaran, namun KKSB berhasil meloloskan diri dengan cara berhamburan masuk jurang yang tertutup oleh semak belukar,” ujar Aidi.
“Sementara di luar honai ditemukan ceceran darah cukup banyak mengarah ke jurang,” imbuh Aidi.
Dari hasil pengejaran tersebut, TNI berhasil menyita 1 pistol caliber 9 mm, 3 buah HT, 1 GPS, dan 3 buah bagazen. Sedangkan anggota KKSB belum ada yang tertangkap.
“Serta ratusan munisi caliber 5,56 mm, dan 7,62 mm. Korban dari TNI, nihil,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80