kumparan
17 Jul 2019 9:35 WIB

Korban Tewas Banjir dan Longsor di Asia Selatan Capai 180 Orang

Sejumlah warga India menangkap pohon di sungai Manas yang banjir, setelah hujan lebat di distrik Baksa di Assam, di negara bagian India Timur Laut. Foto: AFP/DAVID TALUKDAR
Banjir dan longsor akibat hujan lebat terjadi di beberapa negara di Asia Selatan. Jutaan orang terdampak dan sedikitnya 180 orang tewas.
ADVERTISEMENT
Musim hujan memang memainkan peran penting untuk irigasi dan persediaan air tanah di wilayah Asia Selatan. Akan tetapi, hujan deras periode Juni hingga September kali ini berubah menjadi malapetaka yang menimbulkan kekacauan di India, Nepal, Bangladesh, dan Pakistan.
Kondisi bangunan bertingkat runtuh menyusul hujan lebat di dekat Kumarhatti, di distrik Solan Himachal Pradesh, India Foto: AFP/STR
Di Mumbai, hujan lebat yang melanda wilayah tersebut pada Selasa (16/7) membuat sebuah bangunan ambruk dan menewaskan 10 orang. Masih ada lebih dari 10 orang lainnya yang terjebak dalam bangunan itu.
"Operasi penyelamatan akan berlanjut sampai semua orang yang terjebak di bawah puing diselamatkan. Lebih dari 10 orang masih terjebak di dalam," kata juru bicara untuk bencana di Mumbai, dilansir dari AFP, Rabu (17/7).
Sejumlah warga Pakistan berjalan di sepanjang jalan yang banjir setelah hujan lebat di Lahore, Pakistan. Foto: AFP/ARIF ALI
Wilayah Bangladesh, hampir sepertiga negara yang dilintasi oleh ratusan sungai itu direndam banjir.
ADVERTISEMENT
Sedikitnya air di 14 sungai, termasuk salah satunya sungai Brahmaputra meluap dan mengalir hingga tingkatan bahayanya berada diatas rata-rata.
Seorang warga Pakistan membersihkan rumahnya yang ditutupi lumpur akibat banjir setelah hujan lebat di Lahore, Pakistan. Foto: AFP/SAJJAD QAYYUM
Korban tewas di Bangladesh mencapai 34 orang. Lima orang diantaranya tenggelam, 18 lainnya tersambar petir, dan 7 sisanya tenggelam setelah kapal mereka terbalik di perairan berombak di teluk bengal.
Di Nepal, setidaknya 78 orang tewas akibat banjir. Lebih dari 16.000 keluarga harus mengungsi meski banjir sudah mulai surut.
Sebuah keluarga Kashmir Pakistan berkumpul di sekitar barang-barang mereka di luar rumah mereka yang rusak setelah hujan lebat di lembah Neelum, Pakistan. Foto: AFP/SAJJAD QAYYUM
Sementara di India, hampir 50 orang tewas.
Di negara bagian Assam, banjir menewaskan 11 orang dan lebih dari 83.000 orang terlantar akibat banjir. Lalu di Bihar, 25 orang dilaporkan meninggal dan 25 juta penduduk terkena dampak dari banjir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·