Pencarian populer

Korut Kembalikan 200 Jenazah Tentara AS Korban Perang Korea

Suasana kota Pyongyang, Korea Utara (Foto: REUTERS/Damir Sagolj)
Korea Utara semakin menunjukkan itikad baiknya kepada Amerika Serikat usai kopi darat kedua pemimpin pekan lalu. Setelah menarik suvenir anti-Amerika, Korut kini memulangkan ratusan jasad tentara AS korban Perang Korea.
ADVERTISEMENT
Presiden Donald Trump mengatakan 200 jasad tentara AS yang dinyatakan hilang pada Perang Korea dipulangkan oleh Korut pada Rabu (21/6).
"Kami mendapatkan kembali pahlawan-pahlawan yang gugur, jenazah dipulangkan hari ini, sudah 200 yang dikembalikan," kata Trump kepada para pendukungnya di Minnesota, seperti diberitakan Reuters.
Pejabat AS yang dikutip Reuters mengatakan, dalam beberapa hari ke depan Korut akan mengembalikan jenazah tentara AS ke Komando PBB di Korea Selatan. Jenazah-jenazah ini kemudian akan dikirim ke Pangkalan Udara Hickam di Hawaii.
Ini adalah salah satu langkah yang dilakukan Korut untuk berbaikan dengan AS usai pertemuan Trump dan Kim Jong-un di Singapura 12 Juni lalu. Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat menjalin hubungan, memulai proses perdamaian Semenanjung Korea, dan Korut setuju melakukan denuklirisasi.
ADVERTISEMENT
Ada sekitar 7.000 tentara AS yang hilang dalam Perang Korea 1950-1953 yang berakhir dengan gencatan senjata. Menurut Pentagon, Korea Utara mengaku memiliki sekitar 200 jenazah tentara AS.
Total korban tentara AS yang tewas dalam perang itu mencapai 36.500.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85