kumparan
22 Mei 2018 13:34 WIB

Korut Undang Jurnalis Barat Saksikan Penutupan Lokasi Uji Nuklir

Suasana kota Pyongyang, Korea Utara (Foto: REUTERS/Damir Sagolj)
Korea Utara menunjukkan keseriusannya untuk melakukan perlucutan senjata nuklir. Salah satu buktinya, Korut mengundang para jurnalis dari negara-negara Barat untuk menyaksikan sendiri penutupan lokasi uji nuklir.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, Selasa (22/5), Korut mengundang media internasional untuk menyaksikan perlucutan lokasi uji nuklir Punggye-ri antara 23 dan 25 Mei mendatang. Namun Korut tidak mengundang para ahli nuklir seperti permintaan Amerika Serikat.
Di antara jurnalis yang diundang berasal dari media Associated Press, CNN, CBS, Russia Today, dan beberapa media pemerintah China. Mereka terlihat di bandara Beijing untuk naik penerbangan maskapai Air Koryo ke Pyongyang pukul 09.00 pada Selasa.
Beberapa media internasional, salah satunya Reuters, juga telah meminta izin untuk ikut meliput peristiwa itu, tapi ditolak oleh pemerintah Korut.
Perlucutan senjata nuklir adalah salah satu hal yang disepakati pemimpin Korut Kim Jong-un dalam pertemuan bersejarah dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bulan lalu.
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan itu Kim Jong-un sepakat memulai proses perdamaian dengan Korsel. Rencananya Kim akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura bulan depan untuk membahas kelanjutan proses perdamaian dan denuklirisasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan