• 5

KPK Geledah Kantor Pusat PLN

KPK Geledah Kantor Pusat PLN


Penyidik KPK

di kantor PLN pusat di kantor PLN pusat (Foto: Irfan Adi Saputro/kumparan)
KPK menggeledah Kantor Pusat PLN di Jalan Trunojoyo, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (16/7) sore. Penggeledahan ini diduga merupakan rangkaian dari penyelidikan kasus suap proyek PLTU Riau-1.
Penyidik KPK tiba di Kantor Pusat PLN sekitar pukul 18.00 WIB. Tim dari KPK tampak mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian.
Tak ada keterangan yang diberikan oleh tim KPK. Mereka langsung memasuki lift yang ada di gedung tersebut.

Penyidik KPK

di kantor PLN pusat di kantor PLN pusat (Foto: Irfan Adi Saputro/kumparan)
KPK sebelumnya menggeledah rumah Sofyan Basir di Jalan Bendungan Jatiluhur II, Benhil, Jakarta Pusat, Minggu (15/7). Penyidik menyita sejumlah dokumen terkait proyek serta rekaman CCTV dari penggeledahan di rumah Sofyan Basir tersebut.
“Waktu penggeledahan saya tidak di rumah. Pas saya datang, ya saya terkejut. Mengenai status hukum, ya saksilah,” kata Sofyan kepada wartawan di Kantor PLN Pusat, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (16/7).
Sofyan mengaku tak mengetahui adanya tindak pidana suap yang terjadi di proyek PLTU Riau-1. Ia menduga kasus tersebut terjadi di konsorsium yang mengerjakan proyek tersebut.
“Ini case terjadi di konsorsium, ada China dan teman-temannya, bukan di PLN. Jadi tidak ada urusannya sama kami, saya tidak tahu apakah ada suap-suapan atau pelicin,” ujar dia.
Penyidik KPK menggeledah rumah Sofyan Basir dan apartemen pemilik saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Budisutrisno Kotjo untuk mencari bukti dalam kasus yang mendudukan Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Golkar Eni Maulani Saragih sebagai tersangka itu. Penyidik tengah menelusuri dugaan peran Sofyan Basir dalam kasus tersebut melalui penggeledahan itu.

NewsHukumKPKOTT Eni SaragihPLN

presentation
500

Baca Lainnya