Pencarian populer

KPK Panggil 9 Saksi Terkait Kasus Suap Gubernur Aceh

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf resmi ditahan KPK (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap sembilan orang saksi dalam kasus suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) yang diduga melibatkan Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf. Pemeriksaan akan dilakukan di Polda Aceh.
ADVERTISEMENT
"Hari ini, Jumat 13 Juli 2018, diagendakan pemeriksaan terhadap 9 orang saksi yang berlatar belakang pejabat PNS Pemprov, Pegawai unit layanan pengadaan (ULP) dan pegawai bank. Pemeriksaan dilakukan di Ditkrimsus Polda Aceh," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (13/7).
Dalam kasus ini, Irwandi diduga menerima suap sebesar Rp 500 juta dari Bupati Bener Meriah Ahmadi, yang terungkap dalam operasi tangkap tangan (OTT). Penyerahan uang dilakukan melalui dua orang perantara bernama Syaiful Bahri dan Hendri Yuzal.
Tersangka OTT KPK di Aceh dari pihak swasta, Syaiful Bahri (Foto: Adhim Mugni/kumparan)
Ahmadi diduga memberikan uang itu sebagai ijon proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DOKA Tahun Anggaran 2018.
Dalam OTT pada Selasa (4/7) malam itu, KPK mengamankan sekitar 9 orang, termasuk Ahmadi dan Irwandi. KPK juga menyita sejumlah bukti berupa uang senilai Rp 50 juta, transaksi perbankan, serta catatan proyek.
ADVERTISEMENT
Beberapa hari setelah OTT, penyidik menggeledah beberapa tempat, termasuk rumah dinas Irwandi. Dari penggeledahan tersebut, KPK berhasil mengamankan sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik yang berkaitan dengan DOKA 2018.
KPK melakukan penahanan terhadap Bupati Bener Meriah, Ahmadi (Foto: Adhim Mugni/kumparan)
Febri menuturkan, pemanggilan para saksi di Polda Aceh ini, dilakukan untuk mendalami bukti-bukti itu. "Sejumlah bukti yang sudah didapatkan akan diklarifikasi pada saksi-saksi tersebut," kata Febri.
Irwandi bersama Syaiful Bahri dan Hendri Yuzal ditetapkan sebagai tersangka penerima suap. Sementara Ahmadi, ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85