kumparan
4 Jan 2018 17:46 WIB

KPK: Polres Jaksel Akan Jadi Contoh Kantor Polisi Bebas Korupsi

Kombes Mardiaz Kusin dan Pahala Nainggolan (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
KPK akan menjalin sebuah kerja sama untuk menjadikan Polres Jakarta Selatan sebagai polres percontohan yang bebas dari segala bentuk tindak korupsi.
ADVERTISEMENT
"Kita bicarakan beberapa program pencegahan. Pertama, Pak Kapolres setuju bahwa Polres Jakarta Selatan akan dijadikan bahan percontohan untuk Polres di Indonesia, di mana Polres Jaksel kan kompleksitasnya mumpuni lah ya," ujar Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan di Gedung KPK, Kamis (4/1).
Pernyataan Pahala tersebut terkait kunjungan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Mardiaz Kusin, Wakapolres Jakarta Selatan AKBP Budi Sartono, dan Kapolsek Metro Setiabudi AKBP Irwa Zaini Adib ke Gedung KPK hari ini.
Atas penunjukan percontohan tersebut, Pahala berharap dalam jangka waktu satu tahun ke depan, Polres Jaksel dapat menjadi Polres percontohan yang bebas korupsi. Harapan tersebut tidaklah berlebihan jika melihat kinerja yang ditunjukkan Mardiaz semasa masih bertugas di Medan.
Pahala Nainggolan, Deputi Bidang Pencegahan KPK (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
"Setahun ini kita targetkan Polres Jaksel bisa jadi wilayah bebas korupsinya Menpan. Jadi Pak Kapolres punya pengalaman di Medan di mana ia dapat penghargaan itu. Nah, kita targetkan tahun ini Polres Jaksel jadi bahan percontohan," jelas Pahala.
ADVERTISEMENT
Selain jadi daerah percontohan, ada 2 hal lain yang harus diwujudkan Polres Jaksel. Yaitu memudahkan pelayanan publik melalui sistem online, dan kerja sama dengan tim saber pungli.
"Dan yang ke empat kita akan lakukan kerjasama riil dalam saber pungli. Terutama dalam kepatuhan bersama pemda," tambah Pahala.
Kombes Mardiaz Kusin dan Pahala Nainggolan (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
Di kesempatan yang sama, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Mardiaz Kusin menyampaikan apresiasinya karena KPK ingin menjadikan Polres Jaksel sebagai pilot project Polres yang bebas korupsi.
"Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan pimpinan KPK, yang mana dari deputi pencegahan akan lakukan pendampingan untuk jadikan model Polres Jaksel dalam pencapaian target zona integritas wilayah bebas korupsi," kata Mardiaz.
Nantinya kerja sama dengan KPK tak hanya sebatas pencegahan di bidang korupsi. Masalah pengamanan wilayah sekitar KPK juga akan menjadi perbincangan antara keduanya.
ADVERTISEMENT
"Dan beberapa hal lain yang bisa disamakan terkait pengamanan, mungkin aksi-aksi yang terjadi di wilayah KPK karena wilayahnya masuk ke Jaksel tentu kami bangun kerja sama yang lebih intens lagi," tutup Mardiaz.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan