Pencarian populer

KPU Akan Gelar Pleno Bahas Putusan Bawaslu soal OSO Bisa Nyaleg DPD

Komisiner KPU, Hasyim Asyari saat ditemui di Kantor KPU, Rabu (2/1). (Foto: Rafyq Alkandy Ahmad Panjaitan/kumparan)

Bawaslu RI telah mengeluarkan putusan terhadap gugatan yang dilayangkan oleh Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO) tekait pencoretannya sebagai caleg DPD di Pemilu 2019. Dalam putusan itu, Bawaslu memerintahkan KPU untuk kembali memasukkan OSO dalam Daftar Calon Tetap (DCT) DPD.

Komisioner KPU Hasyim Asyari menyatakan bahwa KPU belum bisa memberikan tanggapan atas putusan Bawaslu tersebut. Ia mengatakan, KPU akan membahas terlebih dahulu putusan ini dalam rapat pleno.

"Hari ini Rabu 9 Januari 2019 saya hadir mewakili KPU. Bawaslu sudah membacakan putusannya untuk perkara gugatan Pak OSO, karena itu nanti akan kami bahas dalam pleno," kata Hasyim di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Oso Hadiri Rakor pemenangan Hanura. (Foto: Ricad Saka/kumparan)

Hasyim mengatakan, rapat pleno akan dilakukan setelah KPU mendapatkan salinan putusan dari Bawaslu terkait perkara ini. Jika belum mendapatkan salinan, KPU belum akan menggelar pleno.

"Oleh karena itu nanti setelah mendapatkan salinan putusan, kami akan bahas dalam pleno. Saya juga kan harus laporan sama ketua dan anggota dalam forum, apa dan bagaimana tindak lanjut terhadap putusan Bawaslu dalam perkara ini," ucap Hasyim.

Suasana dalam sidang putusan OSO. (Foto: Fadjar Hadi/kumparan)

Namun, jika salinan putusan Bawaslu sudah keluar, KPU akan langsung menggelar rapat pleno. Rencananya pleno akan dilakukan setelah rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR.

"Insyaallah hari ini, tapi dengan cacatan itu salinan itu sudah keluar atau belum? Kalau sudah keluar nanti kita segera bahas, kan ini juga ada batasan waktu untuk segera melaksanakan putusan," pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20