kumparan
17 Apr 2019 22:00 WIB

KPU Jabar: 75 Persen Warga Gunakan Hak Pilihnya

Pekerja melakukan pelipatan kertas suara pilpres di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Proses pemilihan umum 2019 di sekitar 138 ribu TPS yang tersebar di Jawa Barat telah selesai dilaksanakan. Adapun proses penghitungan suara kemungkinan baru akan selesai dini hari nanti yang hasil cepatnya akan ditampilkan melalui website resmi KPU.
ADVERTISEMENT
"Paling mulai dini hari, sekarang jam berapa pun selesainya tetap kita pasti mulai proses penghitungan secara elektronik. Tapi ini cuma memberikan informasi cepat saja, bukan resmi," kata Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok di Kantor KPU Jabar, Rabu (17/4).
Adapun terkait tingkat partisipasi pemilh di Jabar, Rifqi mengatakan, berdasarkan hasil survei di sejumlah TPS pukul 12.00 WIB, diketahui ada 75 persen masyarat menggunakan hak pilihnya. Dengan demikian, kata dia, jumlah yang golput berada di kisaran 25 hingga 30 persen.
"Bisa, sekarang juga bisa (diketahui) tadi hasil survei di TPS itu jam 12 sudah 75 persen yang sudah menggunakan hak pilih. Jadi kalau dirata-ratakan bisa jadi 70 persenan. 30 persen, bisa 25 persen lah golput," ujar Rifqi.
ADVERTISEMENT
Adapun di Jabar, Rifqi menyebut, pihaknya menargetkan partisipasi pemilih berjumlah 77 persen. Dia menyebut, belum sesuainya jumlah partisipasi pemilih dengan yang ditargetkan dikarenakan ada wilayah yang memang jumlahnya sulit dinaikkan.
"Targetnya 77 persen, kita bisanya diangka 70. Karena ada kabupaten yang tidak bisa naik partisipasinya," tutur Rifqi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan