Pencarian populer

KPU Kota Bandung Terima 1,9 Juta Surat Suara untuk Pileg 2019

Pekerja melakukan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU Kabupaten Sukabumi. Foto: ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan

Surat suara untuk Pemilihan Legislatif DPRD Kota Bandung dari Dapil 1 sampai 6 telah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung di STT Mandala. Sebanyak 12 truk dikerahkan untuk mengangkut 1,9 juta surat suara.

Menurut Ketua KPU Kota Bandung, Suharti, proses pengiriman surat suara dipercepat. Hal itu dilakukan agar KPU mempunyai waktu untuk menyortir dan melipat surat suara tersebut. Apalagi pelipatan dan penyortiran surat suara tak bisa sembarangan dan diperlukan tenaga kerja terampil.

“Kami harus memastikan bahwa tenaga penyortir dan pelipat ini memang sudah mengetahui aturan lipat seperti apa, aturan surat suara yang memang sah dan tidaknya ada cacat tidak, mereka harus tahu. Jangan sampai yang sudah dilakukan, tetapi petugas tidak mengetahui mana yang cacat dan tidaknya,” ucap Suharti di lokasi, Senin (4/3).

Pada 18 Februari lalu, KPU Kota Bandung merilis Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 1.739.927. Jumlah tersebut bertambah 5.275 dari data yang dirilis pada Desember 2018, yakni sebanyak 1.734.652. Peningkatkan jumlah DPT itu, kata Suharti, karena ada peningkatkan dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Suharti menjelaskan jumlah surat suara lebih banyak 2% dari DPT sebagai cadangan. Suharti juga menjamin keamanan lokasi penyimpanan surat suara karena KPU Kota Bandung telah membahas secara detail sebelum menentukan lokasi.

“Saat ini posisi sudah aman. Ada di gudang kita daerah Panyileukan (Bandung Timur). Lokasi tidak disatukan dengan proses sortir dan lipat. Hari ini pun masih ada perakitan kotak suara karena memang perakitan membutuhkan waktu, sehingga kita membagi dua tim yang akan mengawasi proses sortir dan lipat di STT Mandala,” katanya.

KPU Kota Bandung, kata Suharti, sudah melakukan pencegahan apabila lokasi penyimpanan terkena banjir. Mulai dari memasukkan 50 surat suara dalam satu kardus sampai membungkusnya dengan plastik.

“Setelah nanti kami akan pasang palet sebelum proses pelipatan, nanti akan kami rancang SOP, ada palet dan sebagainya, sehingga surat suara tidak akan nyentuh ke lantai,” tutupnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60